Sukses

Beauty

Waspada, Anak Sulung Rentan Terserang Diabetes!

Dalam keluarga, Anda dilahirkan sebagai anak sulung, bungsu, atau anak tengah? Ternyata, susunan kelahiran dalam keluarga berpengaruh pada kesehatan tiap anak, lho. Setidaknya hal inilah yang ditemukan oleh sebuah penelitian di Selandia Baru. Dilansir oleh huffingtonpost.com, anak sulung diduga mengalami resiko yang lebih tinggi untuk penyakit jantung dan diabetes ketimbang saudaranya yang lain.

Peneliti mengamati 50 orang berusia 40-50 tahun yang mengalami kelebihan berat badan dengan membandingkan indeks massa tubuh (IMT) dari anak-anak sulung dalam keluarga mereka. Para peneliti kemudian meneliti tingkat kepekaan insulin, yaitu hormon yang mengatur kadar gula darah pada kedua kelompok tersebut. Ditemukan, meskipun kedua kelompok tersebut memiliki ketinggian rata-rata yang sama, anak-anak sulung memiliki 15 kg lebih berat rata-rata daripada anak kedua dan seterusnya. IMT rata-rata anak sulung adalah 29, sementara untuk anak kedua dan seterusnya sekitar 27,5. Perlu diketahui orang dengan IMT yang lebih tinggi diketahui memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi.

Sensitivitas insulin pada si sulung 33% lebih rendah daripada anak kedua, menurut penelitian ini. Pada orang dengan sensitivitas rendah terhadap insulin, sel-sel tubuh kurang mampu merespon insulin. Akibatnya pankreas harus bekerja lebih keras. Kondisi ini akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Penelitian lain yang dilakukan di University of Auckland, urutan kelahiran berpotensi memiliki efek kesehatan jangka panjang. Urutan kelahiran dapat mempengaruhi komposisi metabolisme tubuh pada anak-anak. Meskipun tidak begitu jelas alasan bagaimana urutan kelahiran dapat mempengaruhi metabolisme, tetapi para peneliti meyakini perbedaan dalam aliran darah plasenta memainkan peran dalam hal ini. Maka, baik anak sulung maupun urutan kelahiran berapapun sebaiknya memperhatikan asupan gizi dan mengontrol gaya hidup agar lebih sehat ya, Ladies.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading