Sukses

Beauty

Mengenal Kolesterol Baik Dan Cara Meningkatkannya

Tidak semua kolesterol berbahaya bagi tubuh. Mungkin, Anda sering mendengar kadar kolesterol yang mengarah pada penyakit. Padahal, kolesterol sendiri terdiri dari dua macam yakni kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL).

Lantas, apa itu kolesterol baik? Dan apa manfaatnya untuk kesehatan?

HDL merupakan (High-density lipoprotein) atau kolesterol baik yang berfungsi untuk membuang kolesterol jahat dari pembuluh darah. Selain itu, HDL dapat membantu mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Untuk menaikkan kadar HDL, caranya sebagai berikut, dilansir dari MeetDoctor.com:

    Diet

    Makanan adalah salah faktor utama terjadinya kolesterol jahat. Oleh sebab itu, Anda harus memulai untuk lebih memperhatikan asupan makanan. Misalnya, menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh karena dapat menaikkan kolesterol jahat. Atau, Anda juga bisa mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun.

    Olahraga

    Anda dapat melakukan aktivitas fisik atau olahraga selama setengah jam dalam sehari dengan minimal lima kali seminggu. Tak perlu olahraga yang berat, yang penting Anda melakukannya dengan rutin. Seperti berjalan kaki, aerobic, bersepeda, dan juga berenang.

    Sarapan yang tepat

    Sarapan memang penting bagi Anda untuk memulai aktivitas seharian. Anda dapat memilih oat dan kacang-kacangan sebagai menu sarapan Anda. Mengonsumsi makanan ini secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

    Jus jeruk setiap hari

    Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi jus jeruk. Selain mengandung Vitamin C, jeruk juga kaya serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Jeruk juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat menaikkan kadar HDL Anda.

    Berhenti merokok dan alkohol

    Berhenti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 10 persen. Tapi, mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan serius termasuk tekanan darah tinggi dan stroke. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari rokok dan alkohol.

Semoga bermanfaat Ladies..

(vem/riz)
What's On Fimela
Loading