Sukses

Beauty

Ladies, Inilah 4 Hal Yang Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal

Berbicara mengenai organ penting di dalam tubuh, salah satu organ paling penting dan sangat perlu untuk selalu dijaga kesehatannya adalah ginjal. Ginjal sendiri merupakan salah satu organ tubuh yang mengatur tekanan darah dan berfungsi sebagai penyaring racun dalam tubuh.


Jika ginjal mengalami kerusakan, hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan organ lain dalam tubuh. Dilansir dari laman prevention.com, ada beberapa hal yang bisa memicu kerusakan ginjal. Dan berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan gagal ginjal.

    Penggunaan Obat Penghilang Rasa Sakit Dalam Dosis Lebih

    Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit atau obat tertentu dalam jangka waktu yang cukup panjang dan dengan dosis yang lebih, hal ini dipercaya mampu merusak kesehatan serta struktur ginjal. Beberapa study menyebutkan bahwa mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit dengan dosis lebih juga bisa memicu kerusakan aliran darah yang menuju ginjal.

    Kebiasaan Merokok

    Ada begitu banyak penyakit yang bisa terjadi karena kebiasaan buruk merokok. Dan salah satu sakit itu gagal ginjal. Study menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan merokok lebih mungkin terkena risiko gagal ginjal lebih banyak jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak merokok. Selain gagal ginjal, perokok juga akan rentan terhadap berbagai penyakit lain seperti diabetes, kerusakan paru-paru, kerusakan jantung dan tekanan darah tinggi.

    Konsumsi Gula Berlebih

    Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula juga sangat berisiko menyebabkan gagal ginjal. Ketika seseorang terlalu banyak konsumsi gula, bisa dipastikan ia akan sangat berisiko terhadap diabetes dam obesitas. Dua penyakit ini sendiri merupakan salah satu faktor utama penyebab gagal ginjal.

    Konsumsi Makanan Tinggi Garam

    Makanan dan minuman yang mengandung banyak natrium (garam) sangat berisiko dan menjadi penyebab utama gagal ginjal. Segala bentuk makanan yang tinggi garam dikatakan sangat tidak sehat khususnya untuk kesehatan ginjal.


Ladies, itulah beberapa penyebab dari gagal ginjal. Agar tubuh terbebas dari risiko gagal ginjal, pastikan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan garam berlebih, hentikan kebiasaan merokok dan pastikan untuk memiliki pola hidup yang sehat. Semoga informasi ini bermanfaat. :)



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading