Sukses

Beauty

4 Penyebab Tangan dan Kaki Sering Kesemutan

Kesemutan atau mati rasa sementara di tangan dan kaki adalah suatu hal wajar yang dialami oleh semua orang. Namun, jika kesemutan ini terjadi sangat sering, kita perlu waspada dan disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter atau klinik juga rumah sakit terdekat.

Stanley Lyadurai, MD, seorang asisten profesor kedokteran di Ohio University mengungkapkan jika,

"Kesemutan adalah kondisi yang pernah dirasakan oleh semua orang. Kesemutan sendiri pada umumnya adalah suatu kondisi yang wajar terjadi. Namun, jika kesemutan sangat sering terjadi. Kita disarankan untuk waspada dan memeriksakan diri ke dokter. Bisa saja, kesemutan disebabkan oleh beberapa hal yang erat kaitannya dengan kondisi tubuh secara keseluruhan."
Dikutip dari laman prevention.com, setidaknya ada beberapa hal yang menjadi penyebab umum dari kesemutan. Penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Adanya Saraf Leher atau Punggung yang Terjepit

    Kesemutan yang terjadi di leher, leher, punggung dan kaki bisa saja terjadi karena adanya salah satu saraf leher atau punggung yang terjepit. Saraf terjepit ini sendiri bisa terjadi karena salah posisi tidur, salah posisi duduk atau karena cidera dan postur tubuh yang buruk.

    Kekurangan Vitamin

    Penyebab kesemutan yang kedua adalah kekurangan vitamin dalam tubuh. Biasanya, tangan dan kaki yang mudah merasa kesemutan dikarenakan kekurangan vitamin B12. Tak hanya kesemutan, kekurangan vitamin ini juga memungkinkan seseorang mudah merasa lelah, lesu dan rentan terserang sakit. Jika kita mengalami kondisi ini, kita disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin yang kurang dengan perbanyak makan sayur dan buah.

    Risiko Diabetes

    Penyebab selanjutnya yang memungkinkan seseorang mengalami kesemutan adalah adanya risiko diabetes. Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh akibat diabetes lah yang dikatakan mampu memicu kesemutan pada tangan, kaki atau anggota tubuh lainnya. Stanlay Lyadurai mengatakan jika orang-orang yang mengalami diabetes sangat rentan terhadap masalah kesemutan. Jika kamu sering mengalami kesemutan, nggak ada salahnya buat memeriksakan kadar gula dalam darah dan memastikan kamu tengah berisiko diabetes atau tidak.

    Terlalu Banyak Mengetik

    Stanlay Lyadurai mengatakan bahwa terlalu banyak mengetik atau gerakan tangan yang terus menerus dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kesemutan. Biasanya, terlalu banyak mengetik dengan posisi tubuh yang kurang tepat rentan menyebabkan kesemutan di pergelangan tangan, leher dan bahu.

Ladies, itulah beberapa penyebab dari kesemutan. Selain penyebab di atas, penyebab kesemutan lain antaranya adalah penyempitan tulang belakang atau serviks, tiroid di dalam tubuh kurang aktif dan tubuh yang kurang gerak. Sudah tahu kan kenapa kamu sering merasa kesemutan? Agar terhindar dari masalah kesemutan, sangat disarankan agar menjalankan pola hidup sehat dan menghindari penyebab di atas. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading