Sukses

Beauty

Bertahan Begadang Semalaman Tanpa Kopi, Ini Tipsnya!

Kadang karena urusan pekerjaan atau tugas kuliah, kita terpaksa begadang semalaman. Bagi yang tak terbiasa begadang, bertahan semalam penuh tanpa memejamkan mata untuk tidur jelas butuh perjuangan yang nggak mudah. Apalagi jika kamu tak terbiasa atau tak bisa minum kopi karena alasan kesehatan, maka mau tak mau kita perlu mencari cara lain.

Dilansir dari womansday.com, ada sejumlah tips yang bisa kamu ikuti untuk bisa bertahan begadang semalaman tanpa minum kopi. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini. Tips-tipsnya mudah sekali kok dipraktikkan. Let's find out!

    Tata Pencahayaan Ruanganmu

    Sangat disarankan untuk membuat ruanganmu seterang mungkin. Ruangan yang terang akan membantumu untuk terjaga dan "memanipulasi" jam sirkadian tubuhmu. Sehingga kamu akan merasa kalau hari masih siang dan tak cepat merasa mengantuk.

    Lakukan Peregangan Tubuh

    Jangan lupa untuk melakukan peregangan tubuh selama 10 menit tiap satu jam sekali. Bisa dengan jalan-jalan di sekitar ruangan atau melakukan gerakan ringan untuk membuat otot-otot tubuhmu terasa lebih lemas. Olahraga ringan ini juga bisa membantumu terhindar dari stres dengan menurunkan kadar hormon stres kortisol.

    Konsumsi Makanan Kaya Protein dan Serat

    Agar energi tubuh bisa tetap terjaga saat begadang, konsumsi makanan yang kaya protein dan serat. Makan setiap empat jam sekali juga bisa membantu menstabilkan gula darah juga energi tubuhmu. Pastikan kebutuhan serat dan proteinmu tercukupi dengan baik selama begadang.

    Ngemil Kacang-Kacangan

    Begadang, otomatis jam tidurmu berkurang. Tubuhmu pun akan butuh lebih banyak energi dan asupan yang lebih banyak dari biasanya. Untuk menyiasatinya kamu bisa coba makan kacang-kacangan. Mengonsumsi kacang-kacangan yang mengandung lemak sehat, serat, dan protein bisa membuatmu merasa cepat kenyang.

    Minum Air Putih

    Selalu sediakan segelas air putih di dekatmu. Jangan sampai tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Kalau dehidrasi, biasanya kemampuan fokusmu akan berkurang dan jadi susah berkonsentrasi bekerja atau belajar.

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa mendengarkan musik saat begadang. Sesuaikan saja dengan situasi dan kondisimu, Ladies. Kadang ada orang yang bisa bertahan begadang untuk bekerja atau belajar semalaman sambil mendengarkan musik, tapi ada orang yang tak bisa melakukannya.

Kalau kamu sendiri, punya tips-tips tambahan untuk bisa bertahan begadang semalaman tanpa minum kopi kah? Share your tips with us.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading