Sukses

Beauty

5 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat, Bisa Dilakukan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Memanjangkan rambut tidak membutuhkan teknik yang rumit. Sebaliknya, dengan mengubah rutinitas sehari-hari, secara tidak langsung bisa mempercepat pertumbuhan rambut.

Setelah berhasil mencapai panjang rambut yang diinginkan, langkah berikutnya adalah melakukan perawatan rutin menggunakan produk yang cocok untuk mencegah kusut. Salah satu contohnya adalah memanfaatkan berbagai produk perawatan rambut.

Tentunya, pertumbuhan rambut biasanya hanya sekitar 2 cm setiap 30 hari. Hal ini kerap menimbulkan rasa frustasi dan tidak sabar karena ingin segera memiliki rambut panjang.

Jangan khawatir jika hal ini terjadi, karena terdapat beberapa cara mudah untuk memanjangkan rambut.

Berikut 5 cara memanjangkan rambut dengan kebiasaan sehari-hari yang telah dirangkum pada Senin (19/02/2024).

Memotong Rambut Secara Rutin

Salah satu metode untuk menumbuhkan rambut secara cepat, dengan melakukan pemotongan rambut secara teratur. 

Jangan khawatir, tindakan ini akan membantu menjaga panjang rambut tetap optimal karena memangkas ujung rambut sangatlah penting, terutama bagi orang yang mengalami masalah ujung rambut yang bercabang. 

Penting untuk disadari bahwa ujung rambut yang bercabang dapat menghambat proses pertumbuhan rambut dan menyebabkan helai rambut terlihat lebih tipis. 

Oleh karena itu, melakukan pemotongan secara rutin pada rambut yang rusak dapat menjadi salah satu cara efektif untuk memperpanjang rambut.

Jangan Membungkus Rambut Basah Dengan Handuk

Setelah mencuci rambut, mayoritas orang cenderung membungkusnya dengan handuk. Proses tersebut dapat menyebabkan rambut halus terjebak di dalam serat-serat kain handuk. 

Rambut yang berstruktur keriting lebih rentan terhadap kekusutan dan kemungkinan kerontokan bila terus terpapar, sehingga menghambat proses pertumbuhannya.

Jangan Menyisir Rambut Ketika Basah

Saat rambut masih lembab, lebih baik menggunakan sisir dengan gigi yang jarang atau bahkan hanya menggunakan jari untuk merapikannya. Rambut yang masih basah cenderung lebih mudah rusak saat disisir.

Merapikan rambut memiliki peran yang penting dalam merangsang kulit kepala untuk memproduksi minyak alami dan menyebar ke seluruh rambut, yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Disarankan untuk menjadwalkan merapikan rambut yang sudah kering minimal dua kali sehari sebagai bagian dari kebiasaan. Tindakan ini akan membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Lakukan Diet Seimbang

Mendorong pertumbuhan rambut dengan mudah dapat dicapai dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. 

Pasalnya, rambut membutuhkan asupan nutrisi dari berbagai sumber makanan seperti sayuran, biji-bijian, ikan, dan daging.

Rambut terbentuk dari protein, maka pentingnya asupan protein yang mencukupi dalam pola makan tidak dapat diabaikan agar pertumbuhan rambut dapat dipercepat.

Protein yang mencukupi dari makanan bergizi dapat memberikan nutrisi optimal dan kondisi yang memadai bagi setiap untaian rambut.

Berapa Lama Rambut Tumbuh 1 Cm?

Dikutip dari sumber lain, Jika kondisimu normal, setidaknya rambut yang kamu miliki akan tumbuh panjang sekitar 1 cm setiap bulan. Dalam setahun, rambut akan memanjang hingga kurang lebih 15 cm.

Berapa Lama Rambut Bisa Tumbuh?

Diketahui, untuk rambut baru yang sehat umumnya akan tumbuh 0,5 hingga 1,25 cm per bulan.

Berapa Kali Keramas Agar Rambut Cepat Panjang?

Diketahui cara agar rambut cepat panjang dan tumbuh dengan baik, keramaslah setiap 2 -3 hari sekali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading