Sukses

Beauty

5 Tips Mudah dan Efektif Menghindari Kerutan Wajah Saat Tidur

Fimela.com, Jakarta Setelah menjalani hari yang melelahkan, tidur menjadi penyelamat untuk rehat sejenak dari hiruk-pikuk dunia sekitar. Tidur bukan hanya sekadar kebutuhan, tapi suatu keharusan bagi semua makhluk hidup. Kekurangan dan kelebihan jam tidur akan berdampak pada kesehatan tubuh dan risiko kemunculan kerutan wajah Sahabat Fimela.  

Aktivitas tidur yang menjadi kebutuhan ternyata bisa menjadi salah satu pemicu kerutan wajah. Tekanan berulang pada kulit wajah saat tidur, seperti tidur dengan posisi wajah tertekan di atas bantal, dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit, akhirnya memunculkan garis-garis halus yang tidak diinginkan. 

Tenang saja, terdapat cara untuk menghindari kerutan wajah saat tidur dengan mudah dan efektif. Lakukan hal ini jika Sahabat Fimela ingin mencegah kerutan wajah. Simak informasi yang telah dirangkum Fimela, dilansir dari health.com dan byrdie.com

Tips Menghindari Kerutan Wajah Saat Tidur

1. Tidur dengan posisi telentang

Tidur terlentang menjadi hal yang sulit dilakukan, tetapi cara ini dianggap sebagai cara terbaik untuk mengurangi tekanan pada wajah yang dapat menyebabkan garis tidur tidak diinginkan. Menurut dokter kulit, Rachel Nazarian, tidur dengan wajah menghadap ke bawah dan menekan kulit ke dalam seprai atau sarung bantal dapat menyebabkan lipatan dan kerutan pada kulit yang dapat menjadi permanen seiring berjalannya waktu. Sahabat Fimela bisa mencoba menggunakan bantal sebagai penyangga, seperti meletakkan bantal di bawah lutut atau punggung bawah, serta mengelilingi diri dengan bantal di kedua sisi tubuh. Ini tidak hanya membuat tidur lebih nyaman, tetapi juga membantu mencegah perpindahan ke posisi tidur lainnya, membantu tubuh terbiasa dengan posisi terlentang seiring waktu.

2. Pilih bantal khusus 

Salah satu cara untuk mendorong tidur terlentang yang lebih nyaman adalah dengan menggunakan bantal berkontur yang dirancang khusus untuk tujuan tersebut. Dr. Jaliman, dokter kulit di New York  merekomendasikan NIGHT Pillow sebagai pilihan yang baik untuk tidur. Selain memberikan kenyamanan, bantal ini memiliki banyak manfaat, termasuk mengurangi kerutan, menjaga kebersihan kulit, dan membantu melembapkan sel-sel kulit untuk mencegah terbentuknya garis-garis halus. Selain itu, bantal leher bisa menjadi solusi untuk cara ini. Bantal semacam ini dapat membantu Anda tidur terlentang tanpa risiko berguling ke samping, memberikan kenyamanan maksimal selama istirahat malam Anda.

 

 

Cegah Kerutan Wajah dengan Memperhatikan Hal Kecil, tapi Penting Sebelum Tidur

3. Ganti sarung bantal 

Penggunaan sarung bantal juga dapat berpengaruh besar dalam membentuk kerutan di wajah. Sahabat Fimela bisa mempertimbangkan untuk mengganti dengan bahan yang lebih lembut dan tidak mencengkeram kulit, seperti satin atau sutra. Dr. Jaliman menekankan bahwa dengan sarung bantal dari sutra, kulit Anda akan lebih mudah meluncur di atas permukaannya, mengurangi tekanan pada wajah dan risiko terbentuknya garis-garis halus permanen. Menggunakan bantal dari bahan yang lebih halus dapat mengurangi gesekan pada kulit dan meningkatkan kenyamanan tidur Sahabat Fimela. 

4. Hindari tidur di tangan 

Kontak kulit langsung dengan permukaan kasar seperti kain flanel atau seprai katun dapat meningkatkan tekanan lateral yang dapat menyebabkan kerutan dan garis-garis halus. Untuk menghindari hal ini, disarankan agar kulit wajah tidak bersentuhan langsung dengan permukaan tidur. Cobalah untuk meletakkan tangan di bawah bantal untuk mengurangi gesekan serta menjaga kenyamanan tidur. Selain itu, menjaga wajah dan kepala tetap tinggi dengan bantal serta menggunakan penutup bantal dari sutra yang meminimalkan tarikan dan gesekan pada kulit, dapat memastikan tidur yang nyaman dan mengurangi risiko terbentuknya garis-garis halus.

5. Pilih skincare malam dengan hati-hati 

Saat malam hari, kulit akan memasuki fase perbaikan yang penting. Memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi selama hari tersebut, seperti akibat polusi dan paparan sinar matahari. Oleh karena itu, penting untuk memilih skincare malam dengan hati-hati, karena produk digunakan sebelum tidur dapat membuat perbedaan signifikan dalam kesehatan kulit. Renée Rouleau, seorang ahli kecantikan dan pendiri perawatan kulit eponymous, menyarankan untuk memilih produk perawatan yang mengandung mikroalga, buah super, dan peptida, yang dapat meningkatkan kekencangan kulit dan melawan efek stres dan polusi sehari-hari. Sahabat Fimela juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan produk anti aging. 

 

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading