Sukses

Entertainment

4 Biaya Terbesar di Pernikahan Meghan Markle-Pangeran Harry, Keamanan hingga Rp 579 M

Fimela.com, Jakarta Hanya tinggal menghitung hari pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry akan berlangsung. Jika tak ada aral, pasangan ini akan menggelar pernikahan pada 19 Mei 2018 mendatang. Beberapa waktu lalu, undangan pun telah disebar oleh pihak Kerajaan Inggris.

Beberapa jenis item yang akan menghiasi pemberkatan pernikahan Markle dan Harry perlahan terungkap. Seperti bunga-bunga cantik seharga lebih dari 110 ribu poundsterling (Rp 2,1 M) akan tersebar sepanjang Windsor, tumpukan sosis seharga 26 ribu poundsterling (Rp 502 juta) menghiasi piring perak dan sebuah counter-drone system seharga 1 juta poundsterling (Rp 19,2 M).

Untuk resepsi pernikahan sendiri diperkirakan mencapai kurang lebih 32 juta poundsterling (Rp 617,4 M). Seperti dikutip Telegraph, royal wedding kali ini disebut masuk dalam 10 besar pernikahan dengan biaya termahal sepanjang waktu.

Secara keseluruhan, budget pernikahan Markle dan Harry ini lebih besar dari yang dikeluarkan sang kakak, Pangeran William dan Kate Middleton pada 2011 lalu.

Namun, hal itu belum berarti apa-apa ketimbang biaya pernikahan kedua orangtua Harry dan William, Pangeran Charles dan Putri Diana, yang menghabiskan dana hingga 84 juta Poundsterling (Rp 1,6 T).

Buat kamu yang penasaran, yuk simak empat sumber pembiayaan terbesar dari pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

1. Keamanan

Kota Windsor akan disterilkan dengan beberapa kehadiran polisi yang ditempatkan di beberapa toko dan restoran. Penembak jitu juga terlibat dalam pernikahan megah ini, termasuk juga beberapa polisi yang menyamar dan sebuah counter-drone system yang diperkirakan menghabiskan dana 24 juta poundsterling (Rp 463 M).

Namun, menurut Bridebook (UK's no.1 wedding planning app and website) untuk biaya keamanannya sendiri menelan biaya sekitar 30 juta poundsterling atau sekitar Rp 579 M. Kalau memang pendapat kedua yang benar, itu berarti tersisa 2 juta poundsterling (38,5 miliar rupiah) untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Biaya keamanan yang besar dilatari tingkat ancaman teroris yang sedang panas akhir-akhir ini di Inggris. Background Harry yang merupakan seorang militer dan sejumlah komentar rasis yang diarahkan ke Meghan juga menjadi salah satu penyebab keamanan di pernikahan kali ini lebih ditingkatkan.

2. Sajian untuk 2.640 tamu

Tak hanya kalangan bangsawan saja, sebanyak 2.640 masyarakat umum juga akan diundang ke pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Adapun sajian yang akan diberikan berupa sosis dan teh yang menghabiskan uang 26 ribu (Rp 501 juta).

3. Gaun pernikahan Meghan Markle

Biaya terbesar lainnya berasal dari gaun pernikahan Meghan Markle yang merupakan rancangan Ralph and Russo, yang ditaksir bernilai 300 - 400 ribu poundsterling (Rp 5,8 - 7,7 M). Katie Nicholl, seorang ahli kerajaan yang menulis Harry: Life, Loss and Love mengatakan angka seperti itu 'sangatlah tidak akurat'.

"Meghan sadar, gaunnya akan bisa menyampaikan sebuah pesan. Gaun ini akan menjadi ikonik dan sesuai dengan latar belakang Istana Windsor. Tetapi itu seperti akan mengirim pesan yang salah kepada masyarakat untuk mengenakan gaun pengantin yang harganya melampaui milik Kate," tutur Katie Nicholl.

Gaun Kate sendiri merupakan rancangan Sarah Burton untuk Alexander McQueen yang dikabarkan menelan biaya 250 ribu poundsterling (Rp 4,8 M). Dan menurutnya kemungkinan akan dipasangkan dengan tiara dari koleksi pribadi Ratu Diana.

4. Biaya Night Party

Pesta yang akan diadakan di malam hari menurut Niemierko juga akan menelan biaya yang tidak sedikit. "Makan malam dan pesta dansa akan menjadi perayaan yang sesungguhnya. Sang ratu kemungkinan besar tidak akan hadir di perayaan night party nantinya, jadi semua orang bisa bersenang-senang," tutur Niemierko.

Tentu biaya untuk pesta di malam hari kemungkinan akan mengalami peningkatan dari segi biaya. Sebut saja untuk mirrorballs harganya 11 ribu poundsterling (202 juta). Psst, itu untuk satu mirrorball saja lho, belum untuk lighting, soundsystem dan item lainnya. Belum juga termasuk kalau ada musisi yang akan tampil di malam itu ya kan?

Biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle memang tak terlalu mewah ketimbang Pangeran Charles dan Putri Diana. Well, kita tunggu saja kejutan dari acara pernikahan sejoli ini bulan depan, ya!

 

Sumber: Kapanlagi.com

Penulis: Cinthya Septavy

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading