Sukses

Entertainment

YouTube Rayakan Hari Kartini dengan Hadirkan Kisah Inspiratif Perempuan Hebat, Ajak Bergerak Ciptakan Kesempatan

Fimela.com, Jakarta Merayakan Hari kartini ke-145, YouTube menghadirkan para perempuan hebat Indonesia di acara Seribu Kartini yang digelar Jumat (19/4/2024) di Jakarta. Di acara tersebut YouTube pun menghadirkan kisah perjuangan para kreator perempuan yang tak mudah.

Mereka adalah Nessie Judge, Novi Petani Happy, Arih Lystia, Irene Komala, dan Nadhira Nuraini Afifa. Dalam film singkat yang dirilis YouTube, kelimanya hadir dengan kisah perjuangannya masing-masing.

Bukan tanpa alasan, hadirnya kelima kisah inspiratif tersebut tak lain untuk menunjukkan besarnya peluang untuk para perempuan untuk mewujudkan mimpinya lewat berbagai cara.

"Semoga di Hari Kartini ini, kami dapat mengingatkan setiap wanita tahan air bahwa, mereka bisa menjadi pelopor perubahan dalam hidupnya, dengan caranya sendiri. Kami melakukannya dengan menceritakan kisah berbagai perempuan zaman modern, dengan cara yang merupakan inti dari YouTube yaitu visual storytelling," kata Sr. Product Marketing Manager, YouTube Indonesia dan Asia Tenggara Olavina Harahap di acara tersebut.

 

Tak Perlu Takut Hadapi Masalah

Dalam acara tersebut hadir pula Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini, yang bercerita tentang bagaimana ia mendorong banyak orang untuk membuka peluang bar dalam hidup.

“Saya bertemu banyak anak muda di Surabaya, dari situ saya membuat coworking space di Surabaya untuk mereka secara gratis. Sejak saat itu, saya melihat banyak potensi dari konten-konten yang mereka ceritakan, bahwa tidak ada alasan tidak bisa selama kita mempunyai kemauan," tutur Risma bercerita.

Maka dari itu, para konten kreator tidak perlu takut dalam mengambil keputusan, jika ada masalah hadapi saja, percaya semua itu akan lewat. Selama yang kita lakukan membawa manfaat baik bagi orang lain, tidak perlu ragu dan takut untuk mencoba hal-hal baru,” lanjutnya.

Menciptakan Kesempatan

Dalam kesempatan itu hadir pula penyanyi Putri Ariani yang telah menjadi sosok inspiratif banyak orang. Soal perayaan hari Kartini, menurutnya momen ini adlaah pengingat untuk para perempuan untuk berani menggapai cita-cita setinggi mungkin.

"Ibu Kartini itu tidak menunggu kesempatan, tetapi menciptakan kesempatan. Jadi Kita itu jangan menunggu kesempatan, tetapi ciptakan kesempatan kita sendiri," ucap Putri Ariani.

Najwa Shihab

Di acara ini Najwa Shihab pun menerima Diamond Play Button atas pencapaiannya memiliki lebih dari 10 juta subscriber di YouTube.  Bicara tentang Hari kartini, Najwa pun menyinggung soal tantangan yang dihadapi Kartini masa kini.

"Indonesia yang sedemikian besar setiap daerah, setiap wilayah punya tantangannya masing-masing. Tapi secara umum yang konteksnya kita bicara Hari Kartini, tembok besar yang harus dilampauai oleh Mbak Kartini kita adalah pendidikan. Sekarang tembok besarnya adalah dunia kerja, bagaimana berkarya, setara di bidang-bidang yang lain," tuturnya.

"Secara umum lulusan perempuan nilainya lebih besar dari laki-laki, tetapi ketika masuk ke dunia kerja peluangnya lebih sedikit, gajinya lebih kecil padahal melakukan pekerjaan yang sama. Jadi zaman yang berbeda, tantangannya berbeda tapi root cause-nya masih sama, soal kesetaraan," jelasnya. 

Di momen Hari Kartini ini, Najwa pun mengajak para perempuan untuk merayakan keperempuanan dan mengakui kesuksesan yang berhasil diraih oleh diri. "Aku rasa momen hari Kartini di mana semua perempuan seharusnya setiap hari adalah hari Kartini di mana kita dengan bangga menunjukkan apa yang bisa kita lakukan, apa yang bisa sumbangkan, apa yang bisa kita perbuat," katanya.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading