Sukses

Fashion

7 Cara Membersihkan Perhiasan Emas dengan Bahan Rumahan

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan pasti memiliki perhiasan emas. Emas adalah aksesoris yang sering digunakan untuk mempercantik diri, seperti kalung, anting-anting dan cincin.

Selain dijadikan sebagai aksesoris, emas bisa dijadikan sebagai tabungan atau inventasi, sehingga harus dirawat dan dibersihkan dengan benar, agar nilai jualnya tetap tinggi dan kilauannya awet.

Tak perlu khawatir mengeluarkan biaya yang mahal, emas bisa dibersihkan dengan cara yang mudah dan menggunakan bahan yang ada di rumah. Berikut cara membersihkan perhiasan emas, dilansir dari berbagai sumber:

Cara Membersihkan Emas yang Mudah

1. Pasta gigi

Selain bisa membersihkan gigi, ternyata pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan perhiasaan emas. Caranya dengan menyampurkan pasta gigi dengan air, lalu sifat emas dengan hati-hati menggunakan sikat gigi yang lembut. Setelah itu bilas sampai bersih dan keringkan dengan lap yang lembut.

2. Sabun Cuci Piring

Cara yang kedua adalah menggunakan sabun cuci piring, untuk membersihkan perhiasan emas yang kusam. Karena sabun cuci piring memiliki surfaktan yang bisa menghilangkan kotoran yang menempel pada emas. Caranya dengan mencampurkan sabun cuci piring dengan air hangat, kemudian rendam perhiasan emas selama 15 menit, lalu sikat dengan sikat gigi sampai bersih. Bilas dan keringkan dengan lap lembut.

3. Air mendidih

Cara mudah membersihkan perhiasan emas, bisa menggunakan air yang mendidih atau air panas. Tetapi air mendidih hanya bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan emas murni. Rendam perhiasan emas murni di air yang mendidih, lalu gosok emas dengan sikat dan keringkan.

4. Sampo

Cara yang selanjutnya yaitu menggunakan sampo. Sampo memiliki zat pembersih yang bisa menghilangkan kotoran yang menempel pada perhiasan emas. Campurkan 2sdm sampo dengan air hangat, lalu rendam perhiasan emas selama 20 menit, sikat dengan lembut sampai bersih, bilas dan keringkan.

Cara Membersihkan Perhiasan Emas dengan Bahan Kimia

5. Amonia

Amonia adalah bahan kimia yang bisa membantu membersihkan perhiasan emas. Caranya dengan mencampurkan amonia dan air dengan perbandingan 1:6, lalu rendam perhiasan emas selama 1 menit. Usahakan tangan jangan sampai menyentuh campuran amonia. Gunakan pinset untuk mengambil emas dan sikat gigi untuk membersihkan emas. Lalu bilas dengan air sampai bersih.

6. Baking Soda

Baking soda adalah bahan dapur yang bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan emas. Rendam perhiasan emas dengan campuran 60ml baking soda dan 2sdm air. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut.

7. Alkohol

Cara membersihkan perhiasan emas yang terakhir yaitu dengan alkohol. Rendam perhiasan emas di dalam alkohol, lalu sikat sampai bersih, bilas dengan air mengalir dan keringkan.

Cara Merawat Perhiasan Emas

Selain membersihkan perhiasan emas secara rutin, kamu bisa merawat perhiasan emas dengan penggunaan yang tepat, seperti melepaskan perhiasan emas saat sedang berolahraga, saat sedang mengaplikasikan makeup atau pada saat mandi. Hal ini dilakukan untuk mencegah warna emas menjadi kusam.

Keringat yang dikeluarkan saat berolahraga, bisa membuat warna emas menjadi berubah kusam. Kandungan makeup dan sabun mandi atau sampo, bisa merusak lapisan emas jika mengenai emas terus menerus.

Perhiasan emas juga harus dijauhkan dengan kandungan klorin, karena bisa merusak lapisan emas dan melunakkan tekstur emas. Hindari juga cairan pembersih yang memiliki zat asam, agar perhiasan emas tidak mudah rusak.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Eye Cream untuk Menghilangkan Kerutan Halus di Area Mata
Artikel Selanjutnya
5 Tips Sehat Mengonsumsi Kopi di Bulan Ramadan, Bantu Cegah Dehidrasi