Sukses

Fashion

Susah Turunkan Berat Badan di Usia 30-an, Apa yang Salah?

Fimela.com, Jakarta Kegemukan atau obesitas telah menjadi permasalahan serius di dunia kesehatan dan masyarakat modern. Tak hanya menganggu kesehatan, namun timbunan lemak di tubuh juga mengganggu penampilan seseorang dan kenyamanan beraktivitas. Berat badan dapat menghinggapi siapa saja, tak menutup kemungkinan anak kecil juga.

Maka dari itu, sebagian besar mereka memilih diet dan olahraga sebagai solusinya. Namun, memasuki usia 30-an, beberapa orang mungkin akan lebih kesulitan dalam menurunkan berat badan mereka. Tak diketahui apa penyebabnya. Jika kamu termasuk dalam jajaran orang-orang yang kesulitan menurunkan berat badan, kamu harus simak 3 poin di bawah ini. Poin berikut ini akan menjabarkan mengapa lemak sulit pergi dari tubuh saat menginjak usia 30-an.

Metabolisme mengkhianati. Memasuki usia 30-an, metabolisme menjadi lebih lambat dari usia sebelumnya. Mungkin, di usia 20-an, usaha dietmu dengan menghindari karbohidrat selama seminggu akan memberi kabar gembira, namun pada usia 30-an, tulang dan otot akan melemah yang memberi efek pada metabolisme tubuh yang lebih lambat. Namun jangan khawatir, kabar baiknya adalah kamu tetap bisa menghilangkan berat badan meski dengan cara yang sedikit lebih berat, yaitu dengan melakukan latihan angkat berat. Jangan mengandalkan cardio saja. Kamu juga perlu untuk membangun otot yang lebih kuat untuk metabolisme yang lebih baik.

Metabolisme mengkhianati. (Via: homefoodsafety.org)

Waktu tidur yang nggak cukup. Studi yang dipelopori oleh Matthew P. Walker, psikologi dan profesor neuroscience di University of California, Berkeley, menunjukkan bahwa otak memerintahkan tubuh untuk menginginkan junk food ketika kamu terjaga tengah malam. Studi lain yang dilakukan oleh peneliti dari University of Colorado mengungkapkan bahwa berat badan akan bertambah sekitar 1 kilogram saat kurang tidur selama beberapa malam berturut-turut. Kenneth Wrightdirector dari university’s sleep and chronobiology laboratory menjelaskan bahwa orang-orang kurang tidur akan memakan karbohidrat lebih banyak. Orang yang kurang tidur juga mendapatkan kalori lebih banyak dari camilan yang ia makan tengah malam daripada di siang hari.

Waktu tidur nggak cukup. (Via: fastcompany.com)

Kamu nggak fokus untuk menghilangkan berat badan. Di usia 30-an, mungkin ada banyak hal yang harus dipikirkan. Mulai dari keluarga hingga pekerjaan. Hal tersebut bisa membuat seseorang stres dan nggak fokus dalam menjalani diet mengurangi berat badan. Belum lagi ditambah masalah-masalah yang datang silih berganti. Mulailah dengan langkah kecil, seperti memilih roti gandum dan mengurangi asupan alkohol. Gym atau olahraga bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu di akhir pekan.

Kamu nggak fokus untuk menghilangkan berat badan. (Via: media4.onsugar.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading