Sukses

Fimela

5 Hal Ini Buktikan Kamu Bisa Belajar Saat Kehilangan Pekerjaan

Sebagai manusia yang memiliki kebutuhan, tentunya semua orang pasti memiliki pekerjaan yang selalu dibanggakannya. Memiliki gaji yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan adalah hal yang patut disyukuri untuk setiap pekerja. Namun, apa jadinya jika kamu tiba-tiba ditelpon oleh bos dan ternyata kamu datang ke kantor hanya untuk dipecat?

Mungkin bagimu rasanya tidak adil karena kamu sudah mengorbankan waktu dan tenaga untuk pekerjaanmu, rasanya kerja kerasmu tidak dihargai. Rasanya ingin menyerah aja. Namun, ketahuilah jika kehilangan pekerjaan adalah kesempatanmu untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Sadarkah kamu bahwa kamu mulai kehilangan waktumu yang berharga hanya untuk mencari uang? Jika kamu setuju dengan anggapan ini dan kamu siap untuk berubah, cobalah ikuti 5 langkah berikut yang harus kamu lakukan ketika kehilangan pekerjaan.

1. Tidak apa-apa sesekali menumpahkan perasaan

Sebagai seorang pekerja tentunya kamu pasti selalu bekerja keras setiap waktu. Namun, jika tiba-tiba kamu mendapatkan kabar buruk seperti ini rasanya harapanmu mulai hancur. Kamu pun mulai menyalahkan dirimu sendiri dengan marah ataupun menangis. Jika kamu merasa tidak ingin menceritakannya pada orang lain, maka milikilah ruang sendiri terlebih dahulu. Jika kamu sudah siap untuk menceritakan teman ataupun keluarga pastinya kamu akan merasa tenang dan nyaman tanpa terlihat emosional.

2. Mulailah mengatur budget

Jika kamu merasa bukan pengatur keuangan yang baik, mulai sekarang latihlah dirimu untuk mengatur pengeluaran. Dengan membuka rekening tabungan dan mengatur segala rincian keuangan hidupmu pastinya keuanganmu akan lebih terjamin sampai kamu bisa menemukan pekerjaan yang baru lagi. Selalu ingatlah untuk selalu menabung jika suatu waktu kamu membutuhkannya secara mendadak.

3. Hiburlah dirimu sendiri

Tidak punya pekerjaan bukan berarti kamu jadi malas merawat diri. Padahal saking sibuknya kerja, kamu bisa saja selalu lupa untuk merawat dirimu. Coba deh lakukan hal yang menyenangkan seperti spa, scrubbing, ataupun pergi ke salon. Selain itu, kamu juga bisa mencari video motivasi agar kamu bisa merasa lebih baik, bahagia, dan lebih menerima dirimu apa adanya.

4. Kamu harus mau menunggu masalah itu berlalu

Saat kamu dikeluarkan dari pekerjaanmu, ternyata ada saja masalah lain yang bisa menambah beban pikiran. Kamu menjadi stres dan depresi untuk memikirkan semua masalah. Namun yang perlu kamu tahu bahwa tidak semua masalah hidup bisa terselesaikan, terkadang kamu harus menerima dan menunggunya berjalan begitu saja.

5. Mulai bangkit dan cari pekerjaan impianmu

Mungkin selama kamu bekerja, kamu selalu melakukan rutinitas yang sama setiap hari. Setelah kau memiliki kesempatan ini, ada baiknya cobalah membuat daftar pekerjaan yang kamu inginkan sejak dulu namun belum sempat kesampaian. Misal kamu mempunyai kenalan ataupun perusahaan yang disukai cobalah untuk mencari informasi apakah mereka membuka lowongan kerja. Dengan begini kamu bisa belajar banyak hal tentang apa yang kamu sukai dan tidak sukai untuk pekerjaanmu selanjutnya.

Tetap menjadi dirimu sendiri adalah salah satu kunci agar kamu bisa sabar dan berpikir positif menghadapi hal ini. Tidak memiliki pekerjaan bukan berarti kamu tidak bisa berguna untuk orang lain bukan?

(vem/mgg)
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Karakter yang Dapat Mendukung Kesuksesan Karir
Artikel Selanjutnya
Ingin Mengubah Karier di Usia 30an? Simak Ini Dulu