Sukses

Food

5 Penyebab Bolu Kukus Kempes yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Siapa disini tak suka dengan bolu kukus? Jajanan pasar satu ini tentu memiliki banyak penggemar terutama saat sedang berjalan ke pasar, ketika menemukan jajanan satu ini pasti banyak yang membelinya. Memiliki harga yang murah dan rasa yang enak, tentu bolu kukus menjadi jajanan yang paling banyak peminatnya.

Perlu kamu tahu bahwa bolu kukus sendiri mudah dikreasikan dan tak terlalu sulit untuk dibuatnya, beberapa bahannya pun cukup sederhana. Tetapi, dalam memasak bolu, kue, atau makanan apapun kita perlu memperhatikan bahan dan takaran yang tepat agar memberikan rasa yang nikmat.

Bagi kamu penggemar bolu kukus atau mungkin sering membuat bolu kukus di rumah, pasti kerap sekali mengalami beberapa masalah dalam proses pembuatannya. Mulai dari bolu kukus yang kempes, bantat, atau mungkin hambar. Masalah itulah yang membuat banyak orang frustasi untuk memulai masak kembali, berikut beberapa penyebab bolu kukus kempes yang perlu kamu tahu:

1. Kualitas dan Takaran yang Tidak Tepat

Pemilihan bahan ternyata dapat mempengaruhi hasil akhir dari hidangan yang akan disajikan, terutama saat kamu akan membuat bolu kukus. Untuk membuatnya kamu perlu mengetahui jenis tepung yang digunakan dan sesuaikan dengan takaran yang perlu kamu masukkan ke dalam adonan. Takaran dan jenis bahan atau tepung yang kamu gunakan ternyata dapat mempengaruhi hasil akhir dari bolu kukus sendiri.

2. Bahan yang Dimasukkan Bersamaan

Tahukah kamu? Bahwa terkadang membuat beberapa jenis makanan diperlukanan bahan yang tepat dan takaran yang tepat. Selain itu jika kamu sudah menyesuaikan bahan dan takaran yang tepat, ada baiknya untuk memasukkan bahan secara bertahap.

Ketika kita sedang terburu-buru terkadang akan memasukkan semua bahan dan mengaduknya bersamaan. Cobalah rasakan perbedaan memasukkan bahan secara bersamaan dan bertahap, meskipun terlihat tidak ada perbedaan kamu dapat merasakan bahwa bahan yang dimasukkan secara bertahap akan membuatnya tercampur dengan rata.

3. Proses Pengadukan

Ternyata proses pengadukan yang terlalu cepat dan terlalu lama dapat memberikan pengaruh terhadpa bolu kukus kempes. Apakah kamu berfikir bahwa pengadukan yang lama dan cepat dapat membuat adonan menjadi sempurna? Justru sebaliknya jika pengadukan terlalu lama dan kencang dapat membuat bolu menjadi kempes ketika di masak.

4. Kukusan Tidak Dipanaskan Terlebih Dahulu

Mungkin saat akan mengkukus bolu kita tidak sabar dan langsung memasukkan ke dalam panci pengukus saat akan dinyalakan. Hal ini justru dapat membuat bolu menjadi cepat kempes, ada baiknya untuk memastikan panci kukus atau pengukus yang dipanaskan terlebih dahulu.

5. Terlalu Sering membuka Tutup Panci

Saat sudah memasuki pengukusan tentu kita akan jauh lebih sering membuka tutup panci, mungkin hal ini dilakukan untuk mengecek apakah bolu sudah matang atau belum. Tetapi, terlalu sering membuka tutup panci saat bolu sedang di kukus itu tidak baik dan justru dapat membuat bolu menjadi cepat kempes.

Nah, itulah beberapa penyebab bolu kukus yang sering kempes. Kamu juga perlu memperhatikan takaran dan jenis bahan yang digunakan sebelum memasak. 

What's On Fimela
Loading