Sukses

Food

5 Jenis Buah Segar yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari olahraga yang dilakukan. Namun, asupan gizi yang tepat setelah berolahraga juga sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan asupan nutrisi setelah berolahraga dapat membantu tubuh pulih dan mengoptimalkan manfaat dari olahraga yang dilakukan.

Salah satu jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi setelah olahraga adalah buah-buahan. Dilansir dari Healthline, buah-buahan mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk membantu mempercepat pemulihan tubuh setelah berolahraga. Selain itu, buah-buahan juga dapat membuat kita kenyang lebih lama sehingga dapat membantu mengurangi rasa lapar yang memicu keinginan untuk ngemil makanan tidak sehat.

Berikut ini adalah beberapa jenis buah segar yang disarankan untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat cocok dikonsumsi setelah berolahraga. Buah ini mengandung karbohidrat yang tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh, sehingga bisa membantu tubuh untuk memulihkan energi yang hilang selama berolahraga. Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang efektif mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh serta mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

 

Apel untuk Pulihkan Energi

2. Apel

Apel merupakan buah yang sangat baik untuk kesehatan dan pemulihan tubuh setelah berolahraga. Salah satu kandungan yang terdapat pada apel adalah serat.

Serat pada apel dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki pencernaan setelah olahraga yang intensif. Selain itu, apel juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk membentuk kolagen sehingga dapat mempercepat proses pemulihan jaringan otot dan tulang setelah olahraga. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa langsung memakan apel segar atau diolah menjadi jus yang lezat. 

3. Buah Beri

Buah beri, seperti blueberry dan raspberry, merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Dilansir dari Medical News Today, antioksidan pada buah beri dapat membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif pada tubuh akibat aktivitas fisik yang berat.

Selain itu, buah beri juga mengandung senyawa flavonoid, seperti quercetin dan kaempferol, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan mempercepat pemulihan tubuh. Untuk mengkonsumsi buah beri setelah berolahraga, kamu dapat memakannya sebagai camilan atau mencampurnya dalam smoothie.

Manfaat jeruk dan kiwi yang perlu kamu ketahui!

4. Jeruk

Dilansir dari Verywell Fit, jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi, sehingga bisa menjadi buah yang sangat baik dikonsumsi setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan vitamin C pada jeruk dapat membantu tubuh memerangi radikal bebas dan peradangan yang disebabkan oleh olahraga.

Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh memulihkan diri lebih cepat setelah berolahraga. Untuk memperoleh manfaat yang optimal dari jeruk, sebaiknya mengonsumsinya secara utuh atau bisa diolah menjadi jus yang segar. 

5. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin C, kalium, dan antioksidan. Kandungan nutrisi tersebut membuat kiwi menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Dilansir dari Sports Medicine, vitamin C dalam kiwi berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan setelah berolahraga. Sedangkan kandungan kalium dan antioksidan pada kiwi efektif mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh serta melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang dihasilkan selama berolahraga.

Demikian 5 jenis  buah segar yang disarankan untuk dikonsumsi guna mengembalikan energi setelah berolahraga. Penting untuk diingat mengonsumsi buah juga harus dalam porsi secukupnya dan menyeimbangkan pola hidup sehat dengan menghindari merokok dan usahakan untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading