Sukses

Food

Tanpa Direbus Dulu, Ini Cara Simpel Bikin Singkong Goreng Empuk tapi Merekah Sempurna

Fimela.com, Jakarta Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sering diolah oleh banyak orang. Di antara berbagai pilihan, singkong goreng tetap menjadi camilan favorit. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah benar-benar menggoda.

Pada umumnya, singkong goreng banyak dijual di berbagai tempat. Meskipun demikian, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat singkong goreng sendiri di rumah.

Untuk mendapatkan hasil yang mekar dan bagian dalam yang empuk, biasanya singkong harus direbus terlebih dahulu. Tidak perlu memasaknya terlalu lama, cukup direbus sampai setengah matang. Setelah itu, tiriskan dan goreng singkong dalam minyak panas. Walaupun cara ini membuat singkong menjadi empuk, namun proses menggorengnya justru menjadi lebih lama.

Bagi yang ingin menyiasati agar tidak ribet, Anda bisa mengikuti resep dan tutorial yang dibagikan oleh pengguna TikTok @zafaranierohman. Dalam salah satu videonya, ia menunjukkan bahwa singkong tidak perlu direbus terlebih dahulu sebelum digoreng. Namun, warganet ini memiliki cara tersendiri.

Yuk simak informasi selengkapnya, dirangkum dari salah satu pengguna TikTok, @zafaranierohman, pada Jumat (15/12/2023).

Langkah Pertama

Lakukan pengupasan dan pencucian singkong yang akan diproses. Setelah bersih, potong singkong menjadi bagian kecil. Kemudian, tiriskan.

Langkah Kedua

Siapkan bumbu halus, terdiri dari 3 siung bawang putih dan 1-2 sendok teh garam. Ulek hingga keduanya merata dan halus. Kemudian, campur bumbu halus ke dalam wadah berisi 1 ½ liter air, aduk rata. Sisihkan terlebih dahulu.

Langkah Ketiga

Langkah berikutnya, letakkan potongan singkong di dalam wadah panci kukusan. Setelah disusun satu per satu, tutup panci dan kukus hingga singkong matang.

Langkah Keempat

Setelah matang, ambil singkong dan rendam dalam bumbu yang sudah disiapkan. Biarkan beberapa waktu hingga singkong perlahan-lahan mengembang dengan sendirinya.

Langkah Kelima

Setelah mengembang dengan sempurna, angkat dan tiriskan satu per satu potongan singkong. Tanpa perlu menambahkan bumbu tambahan, masukkan langsung singkong ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan.

Selama proses penggorengan, gunakan api kompor dengan intensitas sedang. Ingatlah untuk membalik singkong agar matang secara merata. Setelah warnanya berubah menjadi kecoklatan, angkat dan tiriskan singkong goreng.

Dengan telah dikukus dan direndam dalam air bumbu, singkong goreng hasilnya tampak sangat sempurna. Meskipun begitu, saat dibelah, teksturnya di bagian dalam tetap lembut. 

Kenapa Singkong Harus Direndam Dulu?

Sebelum dikukus atau direbus, singkong bisa direndam terlebih dahulu untuk mempercepat proses pemasakannya. Lamanya perendaman dapat disesuaikan sekitar 15 menit atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Apakah Singkong Bisa Dikonsumsi Secara Langsung?

Riset dari Frontiers in plant science (2017) menyarankan untuk menghindari konsumsi singkong mentah karena terdapat kandungan racun sianida yang dapat berakibat fatal. Penelitian lain menyatakan bahwa singkong dapat menyerap racun tanah jika ditanam di daerah industri.

Apakah Singkong Baik Untuk Penderita Asam Lambung?

Selain dipercaya dapat meredakan gejala asam lambung dan penyakit lambung lainnya, singkong ternyata juga memiliki manfaat lain yang begitu kaya. Antara lain seperti: 1.Baik untuk diet karena meskipun tinggi karbohidrat, singkong itu rendah lemak dan rendah kolesterol.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading