Sukses

Food

Tanpa Parutan, Ini Trik Olah Keju Jadi Jauh Lebih Lembut dan Cocok Buat Topping

Fimela.com, Jakarta Dengan menggunakan alat paruan, keju dapat diiris tipis-tipis dan agak panjang, sesuai untuk hidangan seperti spaghetti, lasagna, atau macaroni.

Sementara untuk camilan seperti martabak, roti bakar, atau donat, topping keju yang lembut dan kecil akan memberikan sensasi yang lebih nikmat.

Namun, apakah mungkin untuk menghasilkan keju yang benar-benar lembut dan halus tanpa menggunakan parutan?

Salah satu trik kuliner yang dibagikan di kanal YouTube oleh Cara Nika adalah cara memarut keju tanpa harus memiliki parutan khusus untuk keju. Bahkan, hasilnya lebih halus, lembut, dan kecil sehingga sempurna untuk digunakan sebagai topping.

Jadi, alat apa yang bisa digunakan jika tidak ada parutan keju? Temukan jawabannya, dirangkum Jumat (14/6/2024) berikut ini.

Gunakan Saringan Panci

Rupanya keju dapat dihaluskan dengan sangat baik menggunakan saringan panci. Meskipun demikian, peralatan lain seperti saringan kopi atau kaleng soda yang telah dilubangi juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang serupa. Namun, saringan panci dianggap lebih efisien karena memiliki ukuran yang lebih besar.

Gunakan Bagian dalam Saringan

Bagian saringan panci yang menghadap langsung ke dalam panci bisa dimanfaatkan untuk memarut keju karena lebih tajam daripada bagian yang berada di luar.

Parut dengan Kencang

Meskipun berdampak, perbandingan efektivitas antara saringan panci dan parutan keju tidak seimbang. Sehingga, agar memperoleh parutan yang lebih banyak, keju harus diparut dengan lebih intens.

Namun, kekurangan dalam ketajaman serta lubang yang kecil pada saringan panci menjadi penyebab keju menjadi halus dan lembut saat diparut.

Keju Jadi Lebih Lembut dan Halus

Ukuran keju yang telah diparut tampak lebih kecil daripada keju yang diparut dengan alat parutan biasa, menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan halus. Ini membuatnya menjadi pilihan yang ideal sebagai tambahan pada hidangan.

Parutan Keju Terbuat dari Bahan Apa?

Material stainless steel digunakan untuk membuat pegangan dan parutan. Alat ini sangat cocok digunakan untuk mengolah keju lembut seperti keju cheddar biasa.

Keju Parut Disimpan di Mana?

Kebersihan ruang penyimpanan sangatlah penting untuk keju parut. Tachlis menjelaskan bahwa keju, yang terbuat dari susu, cenderung mengering dan menguning ketika terpapar udara. Faktanya, kekeringan keju disebabkan oleh udara, bukan oleh suhu. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpan keju parut dalam wadah yang rapat agar terlindungi.

Apa Nama Parutan Keju?

Shredder, yang juga dikenal sebagai parutan dalam Bahasa Inggris, adalah sebuah perangkat dapur yang berfungsi untuk memecah makanan menjadi fragmen kecil yang seragam. Francois Boullier menemukan alat ini pada tahun 1540, dengan tujuan utama untuk memarut keju.

Apa Fungsi Parutan Keju?

Keju parut tidak hanya berguna sebagai taburan pada roti, tetapi juga dalam pembuatan salad serta sebagai tambahan topping. Sebagian besar sayuran tidak diiris melainkan diparut sebelum dimasak.

Apakah Keju Parut Bisa Meleleh?

Jenis keju lembut seperti feta atau ricotta tidak direkomendasikan untuk dipakai dalam pembuatan keju leleh karena tidak akan mencapai konsistensi yang diinginkan. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, keju sebaiknya diparut, dicincang, atau diiris terlebih dahulu sebelum dipanaskan. Ukuran potongan keju yang lebih kecil akan mempercepat proses pelelehan. Sebelum melelehkan keju, pastikan untuk menyiapkannya dengan cara diparut, dicincang, atau diiris terlebih dahulu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading