Sukses

Health

Bisa Bikin Dietmu Gagal, Hindari 6 Makanan Ini jika Ingin Tubuh Proporsional

Fimela.com, Jakarta Seringkali, orang yang diet tak tahu kalau beberapa makanan yang dianggapnya aman dan baik-baik saja saat dikonsumsi ternyata menghambat diet menurunkan berat badan. Bagi yang ingin menurunkan berat badan atau memiliki tubuh proporsional, penting untuk memilih dan memilah makanan yang tepat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Beberapa ahli kesehatan menyebutkan, ada beberapa jenis makanan yang menghambat turunnya berat badan. Jenis-jenis makanan ini bahkan bisa membuat dietmu gagal. Kalau ingin punya tubuh proporsional atau berupaya menurunkan berat badan, ada baiknya untuk menghindari makanan-makanan berikut ini. 

 

1. Makanan dengan Emulsifier

Makanan-makanan seperti es krim, makanan olahan (sosis, nugget, kornet, dendeng, bakso ikan olahan dll), mayonaise, margarin, cokelat, dan roti, mengandung emulsifier, yaitu senyawa yang mampu menyatukan air dan minyak. Penelitian menemukan bahwa makan makanan mengandung emulsifier bisa memicu inflamasi dalam tubuh dan memicu kegemukan dan penyakit jantung.

2. Makanan Mengandung MSG

MSG adalah jenis penyedap makanan yang mungkin umum dikonsumsi, tapi sayangnya penambah rasa gurih ini meningkatkan risiko kegemukan. Penelitian yang dilakukan pada 750 orang Tiongkok menemukan bahwa mereka yang rutin makan makanan mengandung MSG punya risiko 3 kali lipat kelebihan berat badan.

Kebanyakan MSG juga bisa memicu masalah kesehatan fibromyalgia, hati berlemak dan toksisitas hati, gula darah tinggi, asma, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, gangguan otak neurologis, gangguan pencernaan, dan sindrom metabolik.

3. Pemanis Buatan

Pemanis buatan biasanya ada pada minuman dan makanan kemasan yang dijual di toko. Banyak orang menggunakan gula pengganti zero kalori untuk diet, sayangnya pemanis buatan dengan bahan sakarin, sucralose atau aspartam ini justru menimbulkan intoleran glukosa, gangguan metabolisme yang meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

 

4. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan seperti mie instan, mie keriting, pasta, dan olahan tepung lainnya, bisa mengganggu kadar gula darah dan memicu produksi insulin untuk bekerja keras membersihkan gula dalam tubuh. Mengonsumsi karbohidrat olahan akan memicu kegemukan karena tinggi kalori dan rendah gizi.

5. Soda

Minuman soda bukan hanya mengandung pemanis buatan, tapi juga bisa menimbulkan sindrom metabolisme yang bisa meningkatkan tekanan darah, kadar gula darah dan kelebihan lemak tubuh di pinggang, yang mana bisa memicu kegemukan, penyakit jantung, stroke dan diabetes.

 

6. Makanan Rendah Lemak

Banyak orang berpikir, memilih susu rendah lemak atau makanan lainnya yang rendah lemak lebih aman dan tidak membuat gemuk, tapi dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, menyebutkan bahwa produk makanan dengan klaim low-fat tidak secara signifikan mengurangi kalori dalam makanan tersebut. Justru label low-fat ini bisa membuat orang terjebak untuk makan lebih banyak karena merasa makan separuh dari kalori sebenarnya.

Itu dia sekian jenis makanan yang bisa menghancurkan rencana dietmu. Jika ingin bisa menurunkan berat badan dengan cepat, pastikan saja tidak makan sekian makanan di atas ya.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading