Sukses

Health

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bisa Merusak Ginjalmu

Fimela.com, Jakarta Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam proses pencernaan sekaligus dalam menjaga kesehatan tubuh karena berperan untuk mendetoksifikasi darah, memproduksi hormon penting, serta menyimpan air di dalam tubuh kita. 

Namun, terkadang kita sebagai manusia sering melakukan kebiasaan-kebiasaan umum yang tidak kita sadari merupakan kebiasaan buruk yang merusak ginjal

Dari sering begadang hingga jarang bergerak, ternyata sejumlah perilaku inilah yang akan mengarah ke penyakit ginjal kronis. Tapi belum terlambat untuk kamu berhenti melakukan kebiasaan buruk ini. 

Dilansir dari healthshots.com dan kidney.org, berikut 5 kebiasaan buruk yang berpotensi membahayakan ginjalmu.

1. Sering Begadang

Istirahat malam yang baik sangat penting untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Tidur malam yang ideal adalah yang berdurasi 8-9 jam per hari, karena di saat tubuh kita beristirahat, ginjal akan menjalankan fungsinya, dan mengoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.  

2. Merokok

Merokok merupakan faktor risiko yang kuat untuk banyak penyakit ginjal, termasuk kanker. Selain itu, merokok juga tidak baik untuk paru-paru dan juga jantung kamu. 

Orang yang merokok akan memiliki protein berlebih dalam urinnya, sehingga hal inilah yang menandakan kerusakan ginjal. Lalu, merokok juga akan meningkatkan tekanan darah, menurunkan sirkulasi, dan menyempitkan pembuluh darah di ginjal.

3. Jarang minum air putih

Dengan sering mengonsumsi air putih, maka tubuh kita akan teta terhidrasi dengan baik dan membantu ginjal dalam membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum banyak air juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari penyakit batu ginjal. 

Orang yang sudah terlanjur memiliki masalah pada ginjalnya, akan perlu membatasi asupan cairan mereka. Namun, bagi kamu yang masih sehat, minum 1,5 hingga 2 liter air per hari adalah target yang ideal dan sehat.

4. Terlalu sering mengonsumsi makanan olahan

Makanan olahan seperti kentang, nugget, dan es krim mungkin menjadi jawaban untuk semua keinginan dan kelaparan kamu di tengah malam. Namun, makanan manis dan renyah itu sebenarnya bisa sangat berbahaya bagi ginjal kamu. 

Makanan olahan merupakan gudang natrium dan fosfor yang dapat menyebabkan penyakit ginjal. Selain itu, makanan olahan juga memicu diabetes. Bagi penderita diabetes, karena tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, maka gula dari makanan olahan ini dapat menumpuk dalam darah dan dapat menyebabkan penyakit ginjal diabetes.  

Beberapa penelitian menunjukkan pula bahwa asupan fosfor yang tinggi dari makanan olahan pada orang tanpa penyakit ginjal mungkin berbahaya bagi ginjal dan tulang mereka.

5. Tidak banyak bergerak

Duduk untuk waktu yang lama kini telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit ginjal. 

Dilansir dari kidney.org, meskipun para peneliti belum tahu pasti mengapa atau bagaimana aktivitas fisik berdampak langsung pada kesehatan ginjal, namun seseorang yang melakukan aktivitas fisik yang lebih besar akan meningkatkan tekanan darah dan metabolisme glukosa. Kedua hal itulah yang merupakan faktor penting dalam kesehatan ginjal. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading