Sukses

Health

Penyebab dan Gejala Tumor Payudara pada Pria Seperti yang Diidap Presenter Robby Purba

Fimela.com, Jakarta Presenter Robby Purba baru-baru ini diketahui telah menjalani operasi pengangkatan tumor payudara di RS MRCC Siloam, Jakarta. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Robby Purba melalui akun Instagramnya, Kamis (30/12/2021).

“PRIA dengan TUMOR PAYUDARA, bisakah? Alhamdulillah ternyata bisa. Lagian apa sih yang Allah gak bisa,” tulis Robby Purba di postingan akun Instagramnya.

Lewat unggahan Instagramnya, Robby Purba menceritakan kronologi dirinya mengidap tumor payudara hingga harus menjalani operasi. Disebutkan, bahwa ia mulai merasakan gejala tumor payudara di tubuhnya sejak Maret 2021.

Robby kerap mengalami sakit di bagian dada saat berolahraga serta turun dari tangga. Rasa sakit ini membuat aktivitasnya sering terganggu, termasuk saat menjalani syuting.

“Sudah 9 bulan mau olah raga sakit , turun tangga-pun dada sakit.. jadi terganggu apalagi kalau lagi shooting dan harus lompat-lompat. Hehehe..,” lanjutnya.

 

Kasus Langka pada Pria

Lebih lanjut, Robby menyebut kanker payudara pada pria memang termasuk kasus langka atau jarang terjadi. Penyakit ini umumnya terjadi pada wanita. Namun, penyakit itu bisa muncul akibat faktor genetis dan gaya hidup.

“Pemicunya banyak, selain genetic-karena suplemen gym atau susu juga (menurut dokter spesialisnya,” cuit Robby.

Robby pun menyarankan bagi para pria untuk melakukan konsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen gym. “Pesan abang enggak usah minum suplemen gym tanpa konsultasi ke dokter,” tulis Robby.

Bintang film 99 Nama Cinta ini kemudian mengabarkan bahwa tumor payudara itu kini telah diangkat dari dadanya. “Alhamdulillah sudah diangkat, tumornya di dada abang.. semoga gak berkembang kemana-mana ya..,” imbuhnya.

Penyebab Tumor Payudara pada Pria

Melansir dari laman Cleveland Clinic, meskipun termasuk kasus langka, tumor dan kanker payudara pada pria memang bisa terjadi. Penyebab utamanya adalah ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan androgen, ini biasanya menyebabkan tumor pada payudara atau ginekomastia.

Pada pria, produksi hormon ini sangat sedikit. Namun, jika produksi estrogennya terlalu banyak dari normalnya, payudara bisa membesar. Kondisi ini juga bisa menyebabkan nyeri pada payudara.

Ada beberapa faktor yang memicu tumor payudara, mulai dari cedera, obesitas, pengaruh obat, gagal ginjal, masalah tiroid, hingga penyakit hati.

Gejala Tumor Payudara pada Pria

Lantas apa saja gejala-gejala tumor pada pria yang bisa diwaspadai? Melansir dari healthline, berikut penjelasan selengkapnya.

  • Muncul benjolan di payudara, bisa di bawah putih atau di areola. Benjolan ini terasa kenyal, tidak bergerak, dan terkadang tidak menimbulkan rasa sakit,
  • Perubahan pada kulit dada, seperti kemerahan, dada, dan kerak.
  • Perubahan pada puting, seperti kemerahan, atau menjadi mengerucut ke dalam
  • Keluarnya cairan yang tak biasa dari puting.
  • Kelenjar getah bening di dekat ketiak membesar
  • Sesak napas
  • Mata dan kulit menguning (Jaundice)
  • Tubuh melemah
  • Berat badan turun

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading