Sukses

Health

Mengenal Borderline Personality Disorder, Gangguan Kepribadian yang Pengaruhi Hubungan Sosial

Fimela.com, Jakarta Borderline personality disorder (BPD) adalah salah satu jenis gangguan mental, lebih tepatnya gangguan kepribadian, yang memengaruhi pikiran dan perasaan penderitanya terhadap dirinya sendiri dan orang lain. Penderita borderline personality disorder memiliki kesulitan dalam mengelola emosi dan perilaku yang berdampak pada hubungan sosial yang tidak stabil. Selain itu, pikiran dan perasaan yang terganggu seringkali membuat penderita borderline personality disorder merasa cemas, marah, tidak berarti, serta takut ditolak atau ditinggalkan. Terkadang mereka juga memiliki kecenderungan menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Sekitar 1-4% orang di dunia adalah penderita borderline personality disorder, dan sebagian besar penderitanya adalah perempuan dari kelompok usia dewasa muda. Hingga saat ini, tidak ada penyebab pasti seseorang menderita borderline personality disorder. Tetapi, beberapa faktor seperti kondisi lingkungan negatif, genetik, kelainan pada otak, serta trauma dapat memicu seseorang memiliki borderline personality disorder.

7 Tanda Seseorang Menderita Borderline Personality Disorder

Beberapa tanda dibawah ini bisa menjadi indikasi seseorang memiliki borderline personality disorder. Tetapi, perlu diingat bahwa diagnosis hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional. Jika kamu atau orang terdekat memiliki tanda-tanda ini, ada baiknya menghubungi tenaga profesional untuk mendapatkan diagnosis lebih lanjut.

1. Kecenderungan membenci dan menyakiti diri sendiri

2. Kesulitan mengelola emosi

3. Memendam amarah

4. Takut mendapat penolakan

5. Hubungan sosial yang tidak stabil

6. Pengambilan keputusan yang cenderung impulsif

7. Merasa putus asa dan hampa dalam kurun waktu lama

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading