Sukses

Health

6 Penyebab Mengi dan Perawatan yang Perlu Kamu Lakukan

Fimela.com, Jakarta Mengi merupakan suara yang bernada tinggi dan dapat terjadi saat kita bernapas, hal ini disebabkan oleh saluran udara yang menyempit atau adanya peradangan. Mengi sendiri merupakan gejala umum dari beberapa gangguan pernapasan yang menyebabkan rasa sesak di tenggorokan, biasanya akan terjadi ketika saluran udara menyempit, tersumbat, radang yang akan buat pernapasan seseorang terdengar seperti bersiul atau mencicit.

Salah satu penyebab mengi yang paling umum yaitu asma ketika adanya pembengkakan atau penyempitan pada saluran udara ke paru-paru. Akan tetapi mengi sendiri merupakan gejala dari beberapa kondisi medis yang berbeda, biasanya akan bersifat sementara dan dapat menjadi masalah yang serius dan membutuhkan perawatan medis.

Mungkin kita masih asing mendengar istilah mengi tetapi beberapa orang juga dapat mengalami hal ini, ada beberapa cara agar mengi berhenti tanpa menggunakan inhaler tetapi tergantung dari penyebab nya. Berikut beberapa penyebab mengi dan cara mengobati mengi yang perlu kamu tahu:

1. Masalah Paru-Paru

Penyakit paru obstruksi kronik merupakan istilah umum untuk penyakit paru-paru tertentu, termasuk emfisema yaitu kantung udara yang rusak di paru-paru dan bronkitis kronis atau radang paru-paru. Mengi dan sesak nafas merupakan salah satu gejala dari penyakit paru obstruktif kronik.

2. Masalah Pita Suara

Disfungsi pita suara yang sering disalah artikan sebagai asma merupakan suatu kondisi di mana pita suara tidak terbuka dengan benar. Berikut beberapa gejala dari masalah ini:

  • Mengi.
  • Batuk.
  • Sulit bernafas.

3. Alergi

Bahkan jika kamu tidak memiliki asma, alergi ternyata dapat menyebabkan kita sulit bernapas atau merasa sesak nafas. Hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya mengi, gejala alergi yang kamu alami juga dapat bergantung pada jenis alergi seperti serbuk sari atau bulu hewan peliharaan. Anafilaksis merupakan reaksi alergi yang akut dan serius terkadang juga dapat menyebabkan mengi, berikut beberapa gejala anafilaksis seperti:

  • Pusing.
  • Lidah atau tenggorokan bengkak.
  • Kesulitan bernafas.

4. Kondisi Jantung

Gagal jantung juga dapat menyebabkan mengi atau perasaan sesak nafas, mengi ini biasanya juga dapat disebabkan oleh adanya penumpukan cairan pada bagian paru-paru.

5. Masalah Pencernaan

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan refluks asam kronis yang sering dikaitkan dengan asma. Reflux asam kronis ini juga dapat memperburuk gejala asma serta mengiritasi saluran udara dan paru-paru, seseorang yang memiliki asma dan GERD mungkin akan mengalami peningkatan ke mengi ketika GERDkambuh.

6. Faktor Gaya Hidup

Ternyata faktor gaya hidup juga dapat mempengaruhi mengi yang mungkin kita alami seperti merokok, jika kamu terlalu sering merokok ada kemungkinan akan mengalami mengi.

Cara Mengatasi Mengi

  • Inhalasi Uap : Menghirup udara hangat tentu memiliki kaya kelembapan dan sangat efektif untuk membersihkan Sinus serta membuka saluran udara.
  • Minuman Panas : Minum hangat dan panas juga dapat membantu melonggarkan saluran udara serta mengurangi penumpukan pada tenggorokan. Kamu juga dapat menambahkan madu saat minum air panas karena madu merupakan anti inflamasi dan anti mikroba alami.
  • Humidifier : Gunakanlah humidifier di kamar tidur untuk membantu melonggarkan pernafasan dan mengurangi keparahan mengi.
  • Filter Udara : banyak kondisi yang menyebabkan mengi dapat menjadi lebih buruk karena udara tercemar, feel there udara rumah juga dapat mengurangi adanya iritasi yang dapat memicu mengi serta kesulitan bernafas.

Mengi merupakan suara bernada tinggi saat kita bernafas hal ini dapat disebabkan oleh saluran udara yang menyempit atau adanya peradangan di paru-paru. Mengi juga dapat terjadi karena adanya beberapa masalah kesehatan seperti asma maupun kondisi jantung, mengobati mengi biasanya dibutuhkan perawatan medis atau penyebab yang mendasarinya serta kamu juga dapat minum air hangat dan menggunakan humidifier.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading