Sukses

Health

Sulit Makan Sayur? Berikut Tips Cara Mudah Makan Sayur dan Buah ala Chef Yuda Bustara

Fimela.com, Jakarta Saat ini, masih banyak orang menyepelekan perkara konsumsi makanan sehat. Sering kali, orang lebih memilih memakan makanan junk food ketimbang sayur dan buah.

Padahal, kunci memiliki tubuh sehat adalah dengan gizi yang seimbang, yakni dengan mengonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah mampu mendukung imunitas serta membantu organ tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Apabila kekurangan nutrisi, tentunya hal ini berdampak negatif pada tubuh. Contohnya, kurangnya gizi seimbang dapat memicu penyakit serius non-menular, seperti hipertensi, diabetes, hingga kanker.

Chef Yuda Bustara membagikan pengalamannya dalam mempertahankan pola makan dengan gizi seimbang. Ia menyatakan, pola makan yang kurang seimbang serta makanan yang bergizi buruk menjadi sumber mayoritas penyakit. 

Ia juga memberikan tips mudah mengonsumsi sayur dan buah bagi orang yang kurang menyukai makanan bergizi ini. Salah satu caranya adalah dengan mengontrol konsumsi gula, lemak, dan garam.

“Gula itu adiktif, semakin kita kurangi, rasa manis akan tertakar berbeda dengan sebelumnya. Selain itu, dapat juga mempraktikkan pedoman isi piringku,” ucap Chef Yuda dalam gelar wicara #KerenDimakan: Mengajak Remaja Indonesia untuk Mencintai Diri Lewat Gizi Seimbang, Kamis (14/4/2022).

Pedoman

Kampanye “Isi Piringku” merupakan inisiasi Kementerian Kesehatan tentang acuan sajian sekali makan. Kampanye ini digaungkan sejak tahun 2017 sebagai Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang sebelumnya sudah diluncurkan tahun 1995.

Kamu masih ingat kampanye terkenal “4 sehat 5 sempurna”? Seiring berkembangnya zaman, slogan tersebut kurang relevan sebab hanya mementingkan kandungan nutrisi tanpa memperhatikan keseimbangan jumlahnya.

Lalu, bagaimana panduan gizi seimbang yang tepat? Kamu bisa memulai mempraktikkan pedoman “Isi Piringku” ini. Caranya, pertama-tama, bagi porsi piring makan kamu menjadi dua bagian. Lalu, Isi setengah piring makan dengan makanan pokok dan lauk-pauk.

Dari porsi setengah piring tersebut, isi 2/3 bagian piring dengan karbohidrat untuk sumber tenaga. Selanjutnya, isi 1/3 bagian lagi dengan lauk-pauk sebagai sumber protein, bisa berupa protein hewani maupun nabati. 

Bagian penting lainnya, kamu disarankan 2/3 bagiannya dengan sayuran, mulai dari sayuran mentah, tumis, kukus, maupun rebus.

Chef Yuda juga mengatakan, apabila kesulitan mengonsumsi sayur dan buah, kamu tak perlu mengonsumsi suplemen. Sebab, ia menyatakan, jika di daerah kamu masih tersedia buah dan sayur, alangkah lebih baik jika kamu mengonsumsi buah segar. Buah segar ini lebih baik ketimbang suplemen sebab mengandung nutrisi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bentuk Cinta Diri Sendiri

Dengan mengonsumsi sayur dan buah, ucap Chef Yuda, merupakan salah satu bentuk self love atau mencintai diri sendiri. Ia menjelaskan, mengonsumsi makanan sehat menjadi wujud kasih sayang terhadap tubuh sendiri. 

Ia juga menganjurkan masyarakat untuk memasak makanan sendiri karena lebih terjamin kebersihan dan gizinya. Kelebihan lainnya, kamu bisa menakar jenis gizi dan makanan apa yang paling kamu butuhkan.

"Selain itu, dengan masak sendiri kita bisa mengatur budgeting (anggaran) dengan lebih baik," ujar Chef Yuda.

Penulis: Ersya Fadhila DamayantI

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading