Sukses

Health

5 Cara Nyaman Kembali Aktif Berolahraga setelah Ramadan

Fimela.com, Jakarta Selama bulan Ramadan dengan rutinitas berpuasa, biasanya kita akan mengurangi aktivitas fisik atau olahraga yang berlebihan. Bagi yang selama Ramadan sempat mengambil jeda dari rutinitas berolahraga dan ingin kembali aktif berolahraga, ada sejumlah penyesuaian yang perlu diikuti agar olahraga bisa lebih nyaman dan aman.

Ada lima cara dan tips sederhana yang bisa dicoba untuk kembali aktif berolahraga setelah Ramadan. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Mulai dari Aktivitas yang Mudah

Tidak harus langsung pergi ke tempat gym untuk melakukan olahraga intens jika merasa masih belum cukup mampu. Kita bisa mengawali dan memulainya dari aktivitas yang mudah dulu. Bisa dengan jalan kaki santai atau melakukan peregangan ringan untuk kembali merilekskan otot-otot tubuh.

2. Ikuti Aturan Lima Menit

Melansir laman womensrunning.com, jika olahraga berdurasi lama masih terasa sulit dilakukan, kita bisa coba lima menit dulu. Kita bisa mencoba berolahraga selama lima menit lebih dulu. Kalau setelah lima menit kita merasa tidak sanggup melanjutkan, kita bias sudahi. Namun, yang biasanya terjadi adalah saat kita sudah menggerakkan tubuh selama 5 menit, kita akan lebih bersemangat untuk berolahraga.

 

3. Fokus pada Rasa Nyaman

Misalnya, selama bulan Ramadan berat badan malah naik, maka ketika akan mulai berolahraga lagi tak perlu memaksakan diri menurunkan berat badan. Fokus pada rasa nyaman lebih dulu. Ingat kembali rasa lega dan nyaman tiap kali menyelesaikan satu sesi olahraga, dan jadikan itu sebagai motivasi untuk kembali menggerakkan tubuh secara aktif.

4. Buat Tantangan Satu Bulan

Selama satu bulan cobalah konsisten untuk rutin berolahraga. Bagi slot waktu olahraga sesuai kebutuhan dan kemampuan. Tidak harus setiap hari, bisa juga tiga kali seminggu tapi lakukan konsisten selama sebulan.

 

5. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selalu sediakan air minum saat berolahraga. Pastikan tubuh tidak dehidrasi. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, kita akan terhindar dari cedera dan pastinya jadi lebih nyaman bergerak. Kenali dan pahami kondisi tubuh sendiri. Kalau belum bisa melakukan olahraga berat, cukup gerakkan tubuh sesuai dengan kenyamanan.

Tetap semangat ya menjalani pola hidup yang lebih sehat. Olahraga rutin dan menjaga pola makan sehat setelah Ramadan menjadi cara untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik lagi.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading