Sukses

Health

Penjelasan dan Penyebab Disentri yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Disentri merupakan infeksi usus yang memyebabkan diare berdarah, selain itu hal ini juga dapat disebabkan oleh adanya parasit maupun bakteri yang menumpuk. Disentri tang paling umum terjadi yaitu disentri basiler, ini biasanya dapat dihasilkan dari bakteri yang disebut shigella atau shigellosis.

Mungkin kamu dapat terkena disentri karena makanan yang disiapkan oleh seseorang yang mengalami disentri, mungkin saja orang tersebut terkena disebtei dan tidak mencuci tangan sebelum membuat makanan. Saat kamu tidak mengalami disentri maka juga dapat tertular dari disentri tersebut karena menyentuh sesuatu yang mengandung parasit atau bakteri.

Berenang di kolam renang atau danau juga menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami disentri. Disentri merupakan salah satu penyakit yang menular ke orang lain, maka dari itu diperluka penanganan yang tepat. Untuk itu kamu juga perlu mencari tahu apa saja penyebab disenteri yang mungkin kamu alami:

Apa Penyebab Disentri dan Siapa yang Berisiko

Shigellosis dan diaentri bisanya diakibatkan karena sanitasi yang kurang baik, hal ini sering dikaitkan dengan lingkungan dimana seseorang yang tidak menderita disentri beraentuhan dengan kotoran atau menderita disentri.

Kontak Terkena Disentri :

  • Makanan yang terkontaminasi.
  • Air yang terkontaminasi atau minuman.
  • Cuci tangan yang kurang baik oleh seseorang yang terinfeksi.
  • Berenang di air yang terkontaminasi, seperti danau atau kolam.

Anak-anak yang oaling berisiko terkena shigellosis juga dapat mengalami disentri, hal ini juga sering menyebar melalui kontak orang ke orang atau melalui minuman dan makanan yang terkontaminasi. Shigellosis juga dapat menyebar diantara orang-orang yang melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, seperti orang-orang:

  • Di sekolah.
  • Di keramaian.
  • Di penitipan anak.

Cara Mendiganosis Disentri

Jika kamu mengetahui seseorang yang mengalami disentri ada baiknya untuk periksa kedokter, disentri dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi yang parah atau bahkan mengancam jiwa. Jika kamu mengalami disentri diiringi gejala lainnya ada baiknya untuk periksa ke dokter untuj mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.

Kebanyakan orang yang mengalami disentri amuba akan mengalami sakit selama beberapa hari hingga minggu, jika kamu mengetahui atau mengalami beberapa gejala lainnya ada baiknya untuk periksa ke dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading