Sukses

Health

Anjuran Minum Air Putih untuk Orang Dewasa

Fimela.com, Jakarta Minum air putih sangat wajib dilakukan setiap hari. Jangan sampai Sahabat Fimela melewatkan minum air putih. Karena lupa minum air putih akan sangat berisiko terhadap kesehatan tubuh.

Air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat air putih yang kita ketahui adalah dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. Namun, tentu saja anjuran mengonsumsi air putih harus diperhatikan.

Di dalam tubuh manusia terdapat 60% hingga 70% cairan. Untuk itu, pastikan minum air putih sesuai dengan takaran dan kebutuhan cairan di dalam tubuh. Berikut anjuran minum air putih untuk orang dewasa:

Anjuran Minum Air Putih untuk Orang Dewasa

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Bahkan aktivitas yang dilakukan setiap orang pun tidak sama. Sehingga kebutuhan cairan atau air putih yang diperlukan juga berbeda.

Kebutuhan cairan untuk setiap orang dapat diukur dari seberapa banyak melakukan aktivitas, riwayat penyakit atau kondisi kesehatan yang sedang dialami, sedang hamil atau menyusui. Bahkan faktor lingkungan dan cuaca juga sangat berpengaruh. Secara umum, bagi orang yang sudah dewasa perlu mengonsumsi 8 gelas air putih, yang setara dengan 230 ml per hari atau total 2 liter.

Anjuran minum air putih yang baik adalah 1-2 gelas setelah bangun di pagi hari. Kemudian 1 gelas sebelum makan dan dilanjurkan 1 gelas setelah makan. Sebelum olahraga usahakan untuk minum air putih sebanyak 1 gelas, kira-kira 30 menit sebelum berolahraga. Lalu cukupi cairan tubuh setelah berolahraga sesuai dengan kebutuhanmu. Saat sore hari pastikan untuk mengonsumsi 1 gelas air putih. Jangan lupa minum 1-2 gelas air putih sebelum tidur.

Anjuran Minum Air Putih untuk Ibu Hamil

Saat sedang hamil, seorang ibu hamil akan sangat mudah dehidrasi. Sehingga ibu hamil perlu mengonsumsi air putih lebih banyak, untuk mencukupi kebutuhan cairan. Ibu hamil harus berhati-hati saat kekurangan cairan. Karena kondisi ini dapat menyebabkan pingsan, kontraksi, kelelahan, hingga infeksi saluran kemih.

Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi air putih minimal 10 gelas perhari. Kurang lebih ibu hamil memerlukan 2 sampai 3 liter perhari air putih. Minumlah 1 sampai 2 gelas air putih sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.

Jika bosan dengan air putih, ibu hamil bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air saat pagi hari. Air putih juga bisa diselingi dengan teh atau susu. Pastikan jangan terlalu banyak mengonsumsi gula, karena dapat menyebabkan tubuh dehidrasi.

Anjuran Minum Air Putih untuk Anak-Anak

Terkadang anak-anak akan lebih susah untuk mengonsumsi air putih. Padahal air putih sangat penting untuk membantu tumbuh kembang anak. Mom bisa mulai mengajarkan anak mengonsumsi air putih, dengan gelas lucu yang disukainya. Anjuran minum air putih untuk anak-anak adalah sebagai berikut:

  1. 800 mililiter (ml) atau sekitar 2–3 gelas untuk anak usia 7–12 bulan.
  2. Anak usia 1–3 tahun setara dengan 1,3 liter atau sekitar 5 gelas.
  3. Anak usia 4–8 tahun setara dengan 1,7 liter atau sekitar 6–7 gelas.
  4. Anak usia 9–13 tahun setara dengan 2,1–2,4 liter atau 8–10 gelas.
  5. Anak usia di atas 14 tahun setara dengan 2,3–3,3 liter atau sekitar 9–13 gelas.
What's On Fimela
Loading