Sukses

Health

5 Penyebab BAB Susah yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami masalah saat buang air besar? Beberapa orang mungkin pernah mengalami masalah satu ini dan menjadi salah satu hal yang membuat tak nyaman. Sembelit atau buang air besar dapat terjadi oleh siapa saja dan kapanpun.

Ternyata susah buang air besar dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis tertentu, seperti diabetes maupun masalah pada iritasi usus besar. Ada beberapa penyebab dari susahnya bab seseorang, hal ini tentu dapat diketahui pemicunya.

Selain itu bab yang sulit atau sembelit berhubungan pada cara kerja usus, hal ini dapat terjadi karena usus menyerap terlalu banyak air dari kotoran maupun feses. Berikut beberapa penyebab bab yang susah dan bikin tak nyaman:

1. Pola Makan yang Tidak Sehat

Salah satu penyebab utama seseorang mengalami kesulitan bab adalah pola makan yang tidak sehat, pola makan seseorang tentu memiliki berbagai dampak pada kehidupan. Jika kamu kekurangan serat dalam tubuh maka dapat menyebabkan sembelit, selain itu serat memiliki peran penting untuk memberikan sumber gizi untuk melembutkan feses dan menjaga kelancaran usus.

2. Kehamilan

Banyak dari perempuan yang sedang akan lebih sering mengalami konstipasi pada masa kehamilan, terutama saat mereka memasuki masa trimester awal kehamilan. Kondisi satu ini akan membuat tubuh memproduksi banyak hormon prosterogen dan dapat melemahkan otot tubuh, sehingga sulit untuk melakukan kontraksi.

3. Obat-Obatan

Obat-obatan yang dikonsumsi tentu memiliki efek samping yang berbeda, beberapa obat-obatan memiliki efek samping yaitu kesulitan untuk buang air besar. Selain itu jika kamu mengkonsumsi obat untuk mengatasi gangguan pencernaan dapat menyebabkan susah  buang air besar.

4. Menunda Buang Air Besar

Apakah kamu termasuk orang yang sering menunda buang air besar? Beberapa orang terkadang ada pada kondisi kesulitan untuk membuang air besar atau malas untuk ke toilet. Ternyata kebiasaan satu ini dapat berdampak buruk pada kesehatan, menunda buang air besar dapat menyebabkan kesulitan untuk buang air besar.

5. Kondisi Medis

Ternyata kondisi medis atau kesehatan dapat memberikan pengaruh pada bab seseorang, susah buang besar ini juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis seperti diabetes maupun sindrom iritasi usus besar. Selain konstipasi seseorang dapat mengalami radang usus maupun usus besar.

Nah, itulah beberapa penyebab susah buang air besar yang kerap sekali terjadi. Jika kamu mengalami masalah pada kesulitan buang air besar

What's On Fimela
Loading