Sukses

Health

5 Penyebab Hidung Panas yang Perlu Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami hidung yang terasa sangat panas? Hidung panas biasanya dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti pusing, demam, maupun mengalami radang pada rongga hidung. Hidung yang panas tentu membuat seseorang tak nyaman terutama saat bernafas.

Hal satu ini dapat disebabkan oleh beberapa penyebab dan dapat diatasi dengan beberapa pengobatan dan perawatan yang tepat. Seain itu hidung yang panas dapat membuat tidak nyaman maupun perih, serta dapat merasakan nyeri kepala maupun gejala peradangan hidung lainnya.

Selain itu hidung yang terasa sangat panas dapat beberapa kali terjadi dan kamu alami diberbagai situasi, berikut beberapa penyebab hidung terasa sangat panas yang perlu kamu tahu:

1. Perubahan Suhu Udara

Salah satu fungsi dari hidung adalah mengatur suhu udara yang masuk ke dalam tubuh, jika adanya perubahan suhu tiba-tiba tentu akan merasakan sensasi hidung yang terasa panas.

2. Pilek atau Flu

Pada hidung tentu terdapat bulu-bulu halus dan dapat menghasilkan cairan saat pilek maupun flu, hal ini dapat berfungsi sebagai penyaring udara. Jika kamu mengalami serangan virus maupun bakteri, tentu hidung akan langsung bereaksi. Hal inlah yang membuat hidung terkadang terasa sangat panas atau tak nyaman.

3. Sinusitis

Sinusitis merupakan salah satu peradangan pada rongga sinus, selain itu hal ini terjadi pada area pipi di bagian mata maupun dahi. Sinusitis dapat terjadi karena adanya penumpukan cairan di rongga dan beberapa gejala inilah yang dapat membuuat sinusitis atau hidung tersumbat dan terasa sangat perih.

4. Asap Rokok

Jika kamu bukan salah satu orang yang sering merokok, mungkin kamu tipe orang yang pernah menghirup asap rokok terus menerus. Hidung akan terasa sangat panas jika menghidrup asap rokok, selain itu bahan kimia satu ini dapat mengiritasi pernapasan dan membuat hidung terasa sangat terbakar.

5. Polusi Udara

Tak hanya bahan kimia, ternyata menghitrup gas yang sangat berbahaya dari polusi sekitar dapat membuat hidung tak nyaman atau terasa panas. Selain itu, beberapa produk wewangian yang menyengat terkadang membuat hidung tak nyaman.

Nah, itulah beberapa penyebab yang membuat hidung tak nyaman dan terasa sangat panas. Beberapa hal diatas terkadang dapat diatasi dengan pengobatan atau dapat sembuh dengan sendirinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading