Sukses

Health

Menderita Maag? Hindari Mengonsumsi Makanan Ini agar Sakit Tidak Memburuk

Fimela.com, Jakarta Makanan sehat adalah komponen penting dalam kesehatan karena mengandung nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh. Namun, beberapa makanan ternyata tidak baik untuk kesehatan lambung penderita maag. Maag adalah penyakit yang menyerang lambung di mana terjadi luka terbuka yang berkembang pada lapisan perut. Melansir dari Health Line tidak ada makanan yang menyebabkan timbulnya maag, melainkan memperburuk rasa sakitnya.

Umumnya makanan yang baiknya dihindari adalah makanan pedas. Pada nyatanya tidak hanya makanan pedas yang dapat memperburuk rasa sakit maag namun juga beberapa jenis makanan lain. Melansir dari Health Grades berikut penjelasannya.

1. Makanan Berlemak

Makanan yang digoreng atau mengandung lemak tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Makanan ini biasanya ditemukan pada restoran cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng, dan lain sebagainya. Hal ini mengakibatkan perut penuh yang memicu rasa sakit, kembung, bahkan kambuhnya maag.

Rekomendasi makanan pengganti:

Untuk mengganti makanan berlemak sebagai makanan berat yang mengenyangkan, makanan dengan serat tinggi bisa jadi pilihan. Makanan ini antara lain oatmeal, apel, kacang-kacangan, kentang yang diolah tanpa digoreng, atau buah pir. Penelitian menemukan bahwa makanan tinggi serat dapat menurunkan risiko menderita maag.

2. Susu

Produk susu fermentasi seperti yogurt, keju, dan krim memang baik untuk kesehatan pencernaan. Namun, susu dan es krim sebagai produk non fermentasi malah buruk untuk lambung. Susu dapat memperburuk perut dalam memproduksi asam yang mengakibatkan asam lambung naik dan berujung maag. Bahkan bagi penderita maag akut mengonsumsi terlalu banyak susu dapat meningkatkan risiko penyakit usus.

3. Buah Jeruk

Buah jeruk seperti lemon, jeruk nipis, dan jenis jeruk lainnya dapat memperburuk maag. Makanan asam ini akan memberi reaksi buruk pada lambung dan menyebabkan rasa nyeri lebih hebat. Namun hal ini tidak berlaku untuk semua penderita maag. Beberapa orang masih sanggup untuk menoleransi asam pada jeruk.

Rekomendasi buah pengganti:

Makanan kaya flavonoid dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab maag. Makanan ini meliputi stroberi, blueberry, brokoli, dan seledri.

4. Kafein

Kafein yang terkandung pada kopi dapat mengikis lapisan lender yang melindungi lambung dan saluran pencernaan. Hal ini menyebabkan peradangan pada lambung dan peningkatan produksi asam lambung.

Rekomendasi minuman pengganti:

Untuk menemani aktivitas harian kopi memang jadi andalan. Namun bagi penderita maag, kopi dapat digantikan dengan teh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri H. pylori di perut yang menyebabkan maag.

5. Cokelat

Camilan manis ini sangat disukai banyak orang dan banyak diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Rasanya yang manis membuat cokelat disukai berbagai kalangan. Namun pada beberapa kasus cokelat bahkan dapat memperburuk maag. Beberapa penderita maag yang terlalu banyak mengonsumsi cokelat cenderung merasakan nyeri pada lambung. Kurangi porsi konsumsi cokelat bila hal ini terjadi padamu.

Menjaga menu makanan memberi efek baik pada kesehatan lambung dan organ pencernaan lain. Konsultasikan ke dokter untuk mendapat pengobatan lebih efektif.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading