Sukses

Health

Jangan Disepelekan! Ini 5 Cara Mencegah Osteoporosis

Fimela.com, Jakarta Osteoporosis adalah penyakit kondisi serius pada tulang yang sering diabaikan. Penyakit ini yang ditandai dengan massa tulang yang rendah dan kerusakan struktur jaringan tulang. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami osteoporosis hingga mereka mengalami patah tulang. Hal ini karena osteoporosis mempengaruhi kepadatan dan massa tulang yang membuatnya lebih lemah dan rentan mengalami patah tulang.

Osteoporosis banyak terjadi pada lansia, terutama perempuan dan jarang dialami oleh anak-anak. Namun bukan berarti tidak mungkin. Untuk mencegah osteoporosis, ada banyak hal yang dapat dilakukan demi memperkuat serta meningkatkan kesehatan tulang. Melansir dari Webmb, berikut penjelasannya.

1. Latih Kekuatan Tulang

Sama seperti otot, tulang akan lebih kuat bila rutin dilatih. Olahraga yang dapat dilakukan untuk melatih kekuatan tulang antara lain aerobik, jogging, lari, yoga, dan olahraga raket seperti tenis dan badminton.

2. Penuhi Kebutuhan Kalsium dan Vitamin D

Kalsium penting untuk membangun kekuatan tulang dan vitamin D baik untuk melindungi tulang. Vitamin D bisa diperoleh melalui cahaya matahari dengan sering berjemur di pagi hari atau mengonsumsi suplemen. Selain itu, vitamin dan kalsium dapat dipenuhi dengan mengonsumsi produk susu rendah lemak, sarden, salmon, sayuran hijau seperti kangkung dan brokoli, kedelai, serta tahu.

3. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Produk susu, sayur dengan warna hijau gelap seperti kangkung dan brokoli, jus, serta sereal mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk memperkuat massa tulang. Selain itu ubi jalar, tomat, kentang, dan ubi mengandung magnesium yang dibutuhkan tulang.

4. Jangan Merokok

Berdasarkan penelitian, merokok terbukti dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Tidak merokok dapat membantu mengurangi risiko keropos tulang dan patah tulang dengan menjaga hormon estrogen dalam tubuh.

5. Kurangi Mengonsumsi Soda

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman berkarbonasi dapat menyebabkan tulang keropos. Agar lebih sehat, ganti kebiasaan meminum soda dengan minuman kaya kalsium seperti susu.

Memenuhi kebutuhan nutrisi baik bagi tubuh, olahraga, dan terapi fisik dapat membantu mencegah osteoporosis. Pencegahan osteoporosis harus dilakukan sejak dini karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Tetap jaga kesehatan ya Sahabat Fimela!

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading