Sukses

Health

Kelelahan Hingga Naiknya Berat Badan, Ini Dampak Negatif Sering Telat Makan

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela termasuk seseorang yang sering telat makan? Ada banyak alasan atau penyebab kenapa seseorang telat makan. Meski memiliki banyak alasan, telat makan tidak seharusnya dilakukan. Para ahli mengungkapkan jika telat makan memiliki segudang dampak negatif untuk kesehatan tubuh. 

Mengutip dari laman prevention.com, telat makan bisa memicu kelelahan kronis dan naiknya berat badan. Kelelahan ini bahkan akan terus terjadi meski kita telah memiliki istirahat cukup. Tak hanya itu saja, telat makan juga memicu menurunnya konsentrasi otak dan kecerdasan.

Dampak Negatif Sering Telat Makan

Studi menemukan jika kebiasan sering telat makan bisa memicu beragam masalah kesehatan. Adapun beragam masalah kesehatan tersebut antara lain sebagai berikut: 

  • Kita akan susah konsentrasi. Perut kosong atau lapar rentan membuat seseorang kesulitan konsetrasi dan berpikir. Ini juga meningkatkan risiko kecemasan dalam diri. 
  • Studi menemukan jika telat makan juga meningkatkan risiko tubuh gampang lelah. Kelelahan ini bahkan akan terus menerus terjadi bahkan ketika kita memilikin istirahat cukup. 
  • Risiko tukang lambung akan lebih mungkin mengintai orang-orang yang sering telat makan. 
  • Telat makan bisa menyebabkan iritasi usus dan masalah pencernaan lainnya. Beberapa orang dengan gangguan pencernaan mengatakan jika mereka sering telat makan bahkan melewatkannya. 
  • Telat makan akan membuat seseorang lebih banyak makan. Akhasil, ia pun lebih rentan mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. 
  • Penelitian menemukan jika telat makan erat kaitannya dengan risiko diabetes. Ya, mereka yang suka telat makan akan lebih berisiko terhadap diabetes dan penyakit kardiovaskular lainnya. 

Mengingat ada banyak dampak negatif akibat telat makan, pastikan untuk tidak pernah telat makan ya Sahabat Fimela. Usahakan untuk makan di waktu yang tepat dan rutin setiap harinya. Pastikan juga untuk lebih bijak dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Sempga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading