Sukses

Health

3 Manfaat Mengonsumsi Asam Folat Saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Saat menjalani kehamilan, perempuan penting untuk menutrisi tubuh dan janinya dengan maksimal. Ada beragam nutrisi yang boleh dilewatkan untuk dikonsumsi saat hamil. Salah satu nutrisi tersebut adalah asam folat. Mengutip dari laman WebMD.com, mengonsumsi asam folat saat hamil sangatlah penting karena ini bisa mencegah cacat tabung saraf pada janin. 

Jumlah asam folat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama kehamilan yakni sekitar 600 mikrogram (mcg). Namun, untuk ibu yang pernah memiliki riwayat melahirkan bayi cacat, asupan asam folat yang direkomendasikan yakni 4000 mikrogram (mcg). Berikut adalah beberapa manfaat konsumsi asam folat saat hamil atau bahkan sebelum hamil.

Mencegah Cacat Tabung Saraf

Asam folat bermanfaat untuk membantu tabung saraf bayi berkembang dengan baik. Ini juga bermanfaat untuk menghindarkan bayi dari risiko terkena cacat tabung saraf. Cacat tabung saraf yang berisiko pada bayi adalah  anensefali dan spina bifida. 

Anensefali adalah kondisi bayi terlahir tanpa otak dan tulang tengkorak. Sedangkan spina bifida adalah kelainan celah dan saraf pada tulang belakang. Kondisi ini bisa berpengaruh pada tumbuh kembang anak bayi nantinya.

Menurunkan Risiko Preeklamsia

Mengonsumsi asam folat cukup bermanfaat menurunkan risiko preeklamsia pada ibu hamil. Preeklampsia adalah kondisi di mana ibu hamil mengalami bengkak di beberapa bagian tubuh, peningkatan tekanan darah dan peningkatan kadar protein dalam urine. Kondisi ini berbahaya untuk keselamatan ibu dan berisiko membuat bayi lahir dengan berat badan kurang. 

Menurunkan Risiko Keguguran

Risiko keguguran akan berkurang saat Mom mencukupi asupan asam folat saat hamil. Para ahli meyakini bahwa konsumsi asam folat bisa mencegah keguguran terutama pada kehamilan trimester pertama. Janin akan lebih kuat dengan asupan asam folat cukup setiap harinya. 

Itulah sekian manfaat mencukupi nutrisi asam folat saat hamil. Selain manfaat di atas, mencukupi kebutuhan asam folat juga bermanfaat mencegah risiko anemia pada ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading