Sukses

Health

4 Manfaat Mengonsumsi Buah Secara Rutin

Fimela.com, Jakarta Buah merupakan makanan yang enak dan segar. Tapi terkadang, ada sebagian orang yang tidak suka mengonsumsi buah-buahan. Padahal manfaat mengonsumsi buah secara rutin itu banyak sekali. Bahkan para ahli menyarankan mengonsumsi buah atau sayuran setidaknya 400 gram per hari agar tetap sehat.

Pada artikel kali ini kami akan memaparkan manfaat apa saja dari mengonsumsi buah. Simak artikel ini sampai akhir ya.

1. Sebagai sumber vitamin dan mineral

Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral. Banyak nutrisi penting yang terkandung dalam buah, misalnya folat, vitamin A, B, B1, C, dan kalium. Setiap buah memang memiliki kandungan yang berbeda tapi secara keseluruhan baik pada tubuh.

Selain itu, vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah juga mengandung aktioksidan yang berperan penting untuk melawan radikal bebas. Tentunya menjaga daya tahan tubuh.

2. Sebagai pilihan diet yang baik

Banyak orang menyarankan buah dikonsumsi secara rutin saat diet. Pasalnya buah masuk dalam asupan rendah lemak dan kalori. Namun, pastikan kamu mengonsumsi dengan cara yang benar, yaitu dalam bentuk utuh atau dijadikan jus tanpa gula atau tambahan yang lainnya.

Kamu juga disarankan mengonsumsi buah segar bukan yang sudah diolah agar manfaatnya lebih optimal. Selain manfaat di atas, buah juga memiliki manfaat membuat rasa kenyang lebih awet. Contohnya adalah jeruk dan apel.

3. Membantu mengurangi risiko penyakit

Manfaat mengonsumsi buah yang tak kalah penting ialah mampu menurunkan risiko berbagai penyakit kronis. Misalnya, kanker, diabetes, dan gangguan jantung. Buah yang dikatakan ampuh mengurangi risiko penyakit diabetes adalah anggur, apel, dan blueberry. Sedangkan buah jeruk mengurangi risiko penyakit batu ginjal.

Penelitian membuktikan makan buah setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 7 persen. Rutin makan buah juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa stres. Seperti yang kita tahu keduanya berperan penting dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

4. 4. Sumber serat

Secara keseluruhan buah adalah makanan yang baik untuk tubuh. Memiliki kandungan kaya akan serat membantu menjaga kesehatan usus dan menjaga dari masalah pencernaan lainnya. Bagi kamu yang rutin mengonsumsi buah secara rutin dapat mengurangi risiko kanker usus.

Demikianlah manfaat dari mengonsumsi buah secara rutin. Buah apa ini yang paling kamu suka? Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading