Sukses

Health

4 Cara untuk Menghindarkan Perasaan Insecure dan Lebih Mencintai Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Entah disadari atau tidak, salah satu masalah yang banyak dihadapi oleh banyak orang adalah perasaan insecure. Pada dasarnya insecure adalah perasaan cemas dan khawatir serta tidak percaya dengan diri sendiri yang menyebabkan rasa tidak aman. Dengan kekurangan yang kita miliki, tidak dapat dipungkiri rasa insecure itu selalu menghantui sebab membandingkannya dengan orang lain. 

Perasaan insecure yang berlebihan bisa jadi akan menghambat langkahmu untuk maju sebab rasa ketidakpercayaan diri yang meningkat. Meski tidak seutuhnya rasa insecure itu dihilangkan dari dirimu, ada beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan untuk menghindari atau mengurangi insecure itu.

Yuk coba 4 cara di bawah ini untuk terbebas dari rasa insecure dan mulai percaya dan mencintai diri sendiri.

Mulai Cintai Diri Sendiri

Satu hal pasti yang menyebabkan insecure adalah kita yang tidak puas dengan diri sendiri atau kita yang tidak percaya diri. Melihat kekurangan yang kita punya rasanya ingin terus menyalahkan bahkan membenci diri sendiri. Jadi memulai dari berpikir positif dari setiap hal yang ada pada diri sendiri dan mulai mencintainya adalah langkah besar untuk menghilangkan rasa insecure. Cinta diri sendiri bukan berarti egois atau menutup sebelah mata terhadap fakta, namun kamu lebih menerima apa yang dirimu punya.

Menulis Jurnal Bersyukur

Tidak jarang rasa insecure itu datang dari kita yang selalu merasa iri dengan pencapaian orang lain. Mulai kurangi hal tersebut dan lebih bersyukur pada pencapaian dirimu sendiri. Tidak perlu pencapaian besar, sebuah progress kecil juga bisa kamu tulis dalam sebuah jurnal untuk kamu syukuri tanpa harus memandang sebelah mata diri sendiri.

Berdamai dengan Kekurangan

Selaras dengan mencintai diri sendiri, berdamai dengan kekurangan yang dimiliki juga bagian dari cara untuk menghargai diri. Jika kamu tidak percaya diri dengan tampilan fisikmu atau kekurangan lain, coba lihat sisi positif dari itu. Percayalah, meski membutuhkan banyak waktu namun berdamai dengan kekurangan diri sendiri akan membuat hidupmu lebih tenang dan tidak banyak khawatir.

Mengurangi Konsumsi Media Sosial

Salah satu pemicu terbesar rasa insecure adalah media sosial. Di tengah era dimana manusia tidak bisa dilepaskan dengan media sosial ini sudah dipastikan banyak orang yang menggunakannya dengan tujuan yang berbeda. Sering kamu melihat teman atau orang lain mengunggah hal-hal yang membuatmu iri dan merasa tidak percaya diri. Selain itu, bisa jadi komentar orang-orang atas unggahanmu yang menyakitkan hati membuat kamu jatuh. Jadi mengurangi penggunaan media sosial yang berpotensi membuatmu insecure adalah cara yang baik. 

Setiap diri orang adalah berharga. Kamu tidak sebegitu buruknya dengan apa yang selama ini kamu bayangkan. Tetap berpikir positif dari kekurangan yang kamu miliki dan terus belajar untuk mencintai diri sendiri.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading