Sukses

Health

5 Cara untuk Mengatasi Gejala Hipotensi

Fimela.com, Jakarta Hipotensi merupakan kondisi dimana tubuh mengalami tekanan darah yang rendah yaitu kurang dari 90/60 mmHg. Hipotensi dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor yaitu gagal jantung, masalah neurologis, disfungsi ereksi, depresi, dan masih lainnya. Penderita hipotensi dapat mengalami gejala-gejala muali dari pusing, mual, bahkan hingga pingsan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hipotensi. Sahabat Fimela, berikut ini adalah 5 cara untuk mengatasi hipotensi yang perlu kamu ketahui.

Minum Air Putih

Air putih merupakan kunci dari segala penyakit, salah satunya untuk mengatasi rasa pusing akibat tekanan darah rendah. Tubuh yang kekurangan cairan akan mengalami dehidrasi, hal ini dapat menjadi salah satu faktor penyebab tekanan darah yang rendah. Maka dari itu, minumlah air putih secukupnya untuk mengatasi rasa pusing.

Makan Buah Bit

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah bit dianggap sebagai makanan efektif untuk mengatasi tekanan darah rendah. Jika rutin mengkonsumsi buah bit dalam seminggu, peningkatan tekanan darah rendah dapat terlihat. Penderita tekanan darah rendah disarankan mengkonsumsi buah bit dalam bentuk secangkir jus sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Makan Kismis

Mengkonsumsi kismis juga dapat membantu mengatasi gejala hipotensi. Caranya dengan merendam kismis dalam semangkuk air matang, lalu diamkan semalaman. Makan kismis dalam keadaan perut kosong dan ditemani dengan segelas air putih.

Minum Kopi Hitam

Kafein yang terkandung pada kopi hitam dapat membantu untuk meningkatkan tekanan darah dengan cukup efektif. Minumlah kopi hitam tanpa gula untuk memaksimalkan hasilnya. Hindari konsumsi kopi hitam jika sahabat Fimela memiliki penyakit lambung.

Minum Air Garam

Minumlah campuran air dan ½ sdt garam yang telah dilarutkan sebanyak 2 kali sehari. Sodium yang terkandung dalam garam dapat membantu mengatasi gejala hipotensi. 

Demikian tips sederhana untuk membantu mengatasi gejala hipotensi. Jika gejala semakin parah, harap segera hubungi dokter. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

 

Penulis: Audi Regita Salsabila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading