Sukses

Health

5 Manfaat Jahe Merah yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Tanaman herbal yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Namun ternyata, jahe memiliki berbagai jenis loh! Salah satunya yaitu jahe merah. Disebut dengan jahe merah karena kulitnya berwarna merah. Selain itu, jahe ini memiliki cita rasa yang lebih pedas, pahit, dan aroma yang lebih tajam dibandingkan dengan jahe biasa. 

Jahe merah juga dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh diantaranya sebagai anti kanker, anti radang, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Menghindari Risiko Penyakit Jantung

Kematian akibat penyakit jantung menjadi faktor utama kematian tertinggi di dunia. Penyakit jantung disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu tingginya kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Mengkonsumsi campuran jahe merah akan membantu mengatasi tingginya kadar kolesterol, sehingga dapat terhindar dari resiko penyakit jantung.

Menurunkan Berat Badan

Jika sedang menjalankan program diet, mengkonsumsi jahe merah bisa menjadi solusinya. Jahe merah mengandung capsaicin yang dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Hal ini sejalan dengan penurusan asupan kalori yang menyebabkan turunnya berat badan.

Meredakan Sakit Tenggorokan

Sensasi hangat yang dirasakan ketika mengkonsumsi jahe merah akan membantumu dalam meredakan tengkorongan yang sakit. Kandungan flavonoid yang terkandung dalam jahe merah ini bersifat anti peradangan yang kerap dijadikan solusi untuk mengobati sakit tenggorokan maupun batuk.

Mengatasi Rasa Mual

Jahe merah dapat digunakan untuk mengatasi rasa mual yang dialami saat sedang mabuk perjalanan, efek kemoterapi, ataupun mual di pagi hari akibat kehamilan. Konsumsi jahe merah berbentuk suplemen atau dapat dijadikan teh yang diseduh dengan air hangat.

Menghambat Sel Kanker

Jahe merah mengandung zat gingerol dan antioksidan yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker usus, lambung, payudara, dan kanker prostat. Tetapi jahe merah bukanlah cara utama yang dapat dilakukan untuk menghindari resiko kanker.

Demikian beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh. Namun jika memiliki penyakit yang cukup parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Semoga infromasi di atas dapat membantu sahabat Fimela!

 

Penulis: Audi Regita Salsabila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading