Sukses

Health

3 Manfaat Salak untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Buah salak merupakan buah asli Indonesia yang dapat tumbuh subur di negara tropis. Buah ini memiliki rasa manis yang bercampur dengan rasa asam. Bentuknya menyerupai kerucut dengan pangkal membulat dan tumpul sedangkan ujungnya runcing.

Di balik kulitnya yang bersisik, salak memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut dapat diperoleh karena buah ini tidak hanya tinggi karbohidrat dan serat, tetapi juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting seperti vitamin B2, vitamin C, potasium, kalsium, fosfor, asam folat dan zat besi. Ingin tahu manfaat dan kandungan pada salak? Simak penjelasan berikut ini.

Mencegah Sembelit

Salak memiliki kandungan kalsium, flavonoid, betakaroten, dan tanin yang mampu mencegah sembelit. Tingginya kandungan serat pada salak berguna untuk meningkatkan bakteri baik ada usus dan juga menjaga kesehatan pencernaan, sehingga dapat mengatasi masalah sulit buang air besar.

Mencerahkan Kulit

Salak ternyata dapat untuk mencerahkan kulit, loh! Kandungan vitamin C dan phenolic pada salak dapat menutrisi kulit sehingga membuat kulit tampak lebih cerah dan segar. Selain itu, antioksidan yang dikandungnya juga dapat mengurangi kulit kusam dan penuaan dini. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut peneliti, salak mempunyai kandungan vitamin C yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh serta mencegah tubuh dari berbagai infeksi. Selain itu, antioksidan dalam salak seperti karotenoid dan likopen juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena kemampuannya melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dan DNA tubuh. 

Demikian manfaat utama salak yang bagus untuk kesehatan tubuh. Cukupi kebutuhan serat dan vitamin setiap harinya agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

Penulis: Audi Regita Salsabila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading