Sukses

Health

5 Penyebab Gatal di Tenggorokan dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Tenggorokan adalah salah satu anggota tubuh yang penting. Tenggorokan membantu mulut dalam membawa makanan menuju lambung. Jika tenggorokan bermasalah, maka fungsi dari tenggorokan pun jadi terganggu. Kamu akan jadi kesulitan menelan makanan. Bahkan menelan minum saja rasanya sakit.

Tenggorokan yang terasa gatal memang rasanya sangat tidak nyaman. Meskipun tenggorokan gatal memang suatu hal yang cukup lumrah terjadi dan telah dialami oleh kebanyakan orang, namun tenggorokan gatal tidak boleh disepelekan.

Nah untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya, kamu harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. Berikut penyebab tenggorokan gatal dan cara mengatasinya.

1. Dehidrasi

Dehidrasi juga dapat menyebabkan gejala seperti tenggorokan yang gatal, haus, penurunan produksi urin, tekanan darah yang rendah, atau mungkin mulut yang kering.

Cara untuk mengatasi dehidrasi yang dapat menyebabkan batuk dan tenggorokan gatal adalah mengkonsumsi minuman isotonic dan larutan dengan garam yang dapat menghidrasi.

2. Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi adalah  peradangan yang terjadi di rongga hidung akibat reaksi alergi. Rhinitis alergi dapat dipicu oleh berbagai jenis alergen, contohnya serbuk sari, debu, atau bulu hewan. Selain tenggorokan gatal, rhinitis alergi juga bisa menyebabkan berbagai gejala lainnya seperti bersin-bersin, hidung gatal atau tersumbat.

Rhinitis alergi tidak bisa disembuhkan, namun gejalanya bisa diredakan dengan berbagai cara seperti mengonsumsi obat-obatan seperti dekongestan dan antihistamin. Kamu juga bisa meredakan rhinitis alergi cara irigasi hidung.

3. Alergi Makanan

Tenggorokan yang terasa gatal bisa jadi karena kamu alergi dengan makanan yang kamu makan. Selain tenggorokan jadi gatal, ada juga beberapa reaksi alergi lainnya seperti mual, muntah, pembengkakan di wajah, sesak nafas hingga hilang kesadaran.

Cara untuk mengatasi alergi makanan adalah dengan menghindari makan makanan yang membuatmu alergi. Selain itu, kamu juga bisa meredakan alergi yang kamu rasakan dengan mengonsumsi obat antihistamin. 

4. Paparan Zat yang Mengiritasi

Paparan zat yang mengiritasi seperti asap rokok, asap dari pipa knalpot, produk pembersih, atau zat beracun lainnya terkadang dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan gatal dan batuk.

Cara mengatasinya adalah dengan menghindari paparan zat yang apat memicu tenggorokan gatal yaitu dengan mencegah gejalanya atau kamu dapat melakukan pembilasan tenggorokan dengan berkumur menggunakan air dan garam.

5. GERD

GERD atau refluks gastroesofageal biasanya ditandai dengan naiknya isi lambung ke kerongkongan menuju mulut yang menyebabkan gejala seperti nyeri, rasa tidak enak, dan tenggorokan gatal karena iritasi asam lambung. Hal ini biasanya terjadi karena otot-otot di bagian bawah kerongkongan yang menghalami asam tidak berfungsi dengan baik.

Kamu bisa meredakan GERD yang kamu alami dengan minum obat antasida atau obat lainnya yang mampu mengatasi GERD. Namun jika obat tersebut tidak mampu mengatasi GERD yang kamu alami, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat dan kamu tidak menderita lebih lama.

Itulah beberapa penyebab gatal di tenggorokan dan cara mengatasinya. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading