Sukses

Health

Penyebab Mata Ikan yang Sering Muncul di Kaki

Fimela.com, Jakarta Mata ikan, atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah clavus, adalah penebalan kulit akibat adanya gesekan yang berulang. Kondisi tersebut sering kali ditemukan pada bagian tubuh yang menonjol, tonjolan tulang di telapak kaki atau tangan. Hal ini menyebabkan area tersebut lebih mudah tergesek hingga terjadilah mata ikan.

Adanya mata ikan di kaki terasa sangat mengganggu dan pasti terasa tidak nyaman ketika tengah beraktivitas. Apalagi jika aktivitasmu mengharuskanmu untuk bergerak menggunakan sepatu atau alas kaki yang mengenai mata ikan yang kamu miliki.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab mata ikan. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Mata Ikan di Kaki

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya mata ikan di kakimu. Berikut ini beberapa hal yang mungkin jadi penyebab munculnya mata ikan di kaki.

  • Apapun yang menyebabkan tekanan atau gesekan pada kulit
  • Sepatu yang terlalu ketat atau hak terlalu tinggi
  • Sepatu yang terlalu longgar sehingga menyebabkan gesekan
  • Jahitan yang ditempatkan dengan buruk pada sepatu yang bergesekan dengan kulit
  • Kaos kaki yang tidak pas
  • Tidak mengenakan kaos kaki
  • Sering berjalan tanpa alas kaki sehingga membuat kulit akan menebal untuk melindungi dirinya sendiri
  • Tindakan berulang seperti jogging atau berjalan dengan cara tertentu
  • Usia tua, karena ada lebih sedikit jaringan lemak di kulit, yang berarti lebih sedikit bantalan dan risiko lebih tinggi berkembangnya kapalan, terutama pada bola kaki

Cara Mengobati Mata Ikan di Kaki

1. Pemberian Obat untuk Menipiskan Kulit

Pada tahap awal, obat yang bersifat keratolitik dapat digunakan untuk menipiskan kulit yang menebal. Salah satu contoh obat keratolitik adalah asam salisilat.

2. Menggunakan Bantalan

Karena salah satu penyebab mata ikan adalah gesekan berulang, maka tindakan pencegahan gesekan diperlukan. Penggunaan bantalan pada sepatu dapat digunakan untuk mencegah gesekan yang berlebihan pada mata ikan.

3. Operasi

Jika dengan cara menyembuhkan mata ikan tersebut nyeri tetap tidak berkurang dan benjolan dirasa mengganggu, perlu dilakukan operasi kecil untuk mengangkat lapisan kulit yang menebal.

Itulah beberapa penyebab mata ikan di kaki serta cara mengatasinya. Kalau sudah mengetahui penyebabnya, maka kamu bisa mencegah munculnya dengan menghindari hal-hal yang menjadi penyebabnya ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading