Sukses

Health

Efektivitas dan Keamanan Vasektomi Sebagai Alat Kontrasepsi Pria yang Mampu Mencegah Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Kontrasepsi tak hanya bisa dilakukan oleh perempuan, melainkan pria pun bisa untuk mencegah kehamilan. Vasektomi menjadi salah satu prosedur medis yang berperan sebagai kontrasepsi pada pria. 

Vasektomi dilakukan dengan memutus saluran yang membawa sperma dari testis akan dipotong dan diikat. Tujuannya, untuk mencegah sperma keluar bersama air mani saat ejakulasi dalam hubungan intim. Maka, sperma tidak lagi bisa membuahi sel telur perempuan. Dengan begitu kehamilan bisa dicegah. 

Prosedur ini juga disebut dengan istilah sterilisasi atau kontrasepsi permanen pada pria. Prosedur vasektomi dilakukan melalui bedah minor. Sebelum tindakan dilakukan, pria yang akan menjalani vasektomi akan diberi anestesi lokal, sehingga masih berada dalam keadaan terjaga. Pembiusan diberikan pada area skrotum dan testis saja. 

Lalu seberapa efektif kontrasepsi pada pria untuk cegah kehamilan? Melansir Mayo Clinic, Vasektomi pilihan kontrasepsi yang aman dan efektif untuk pria yang yakin tidak ingin menjadi ayah atau kembali memiliki anak. Sebab hampir 100 persen efektif dalam mencegah kehamilan.

Keamanan Vasektomi

Vasektomi memiliki risiko masalah yang rendah dan biasanya dapat dilakukan secara rawat jalan dengan anestesi lokal Sebelum menjalani prosedur ini, harus yakin bahwa tidak ingin menjadi ayah atau tidak lagi ingin memiliki anak.

Sayangnya, masih banyak para pria khawatir vasektomi dapat menyebabkan masalah serius.  Misalnya, mempengaruhi kinerja seksual.

Padahal, operasi ini tidak akan memengaruhi gairah seks atau maskulinitas. Pria bahkan melaporkan kepuasan seksual yang lebih tinggi setelah vasektomi. Atau berfikir akan permanen merusak organ seksual.

Meski ada sedikit risiko testis, penis, atau bagian lain dari sistem reproduksi m akan terluka selama operasi, namun kasus itu sangat jarang terjadi, cedera pada suplai darah dapat menyebabkan hilangnya testis, tetapi hal itu tidak mungkin terjadi jika ahli bedah ahli.

Vasektomi adalah operasi rawat jalan dengan risiko komplikasi atau efek samping yang rendah. Bahkan, biaya vasektomi jauh lebih murah daripada biaya sterilisasi wanita (ligasi tuba) atau biaya obat KB jangka panjang untuk wanita.

Vasektomi berarti tidak perlu mengambil langkah-langkah pengendalian kelahiran sebelum berhubungan seks, seperti memakai kondom.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading