Sukses

Health

Lakukan 5 Kebiasaan Ini agar Badan Tetap Ideal

Fimela.com, Jakarta Badan yang ideal adalah impian banyak orang. Selain dapat meningkatkan tingkat percaya diri, badan ideal juga menyehatkan. Banyak berbagai cara dilakukan untuk mewujudkan impian ini, mulai dari rutin berolahraga hingga menjalani program diet. 

Namun terkadang, setelah berhenti melakukannya, berat badan akan naik atau malah kembali seperti semula. Tentu hal ini cukup menyebalkan, mengingat perjuangan yang telah dilakukan terbilang sia-sia. Pada dasarnya, hal tersebut bisa terjadi karena kamu masih melakukan beberapa kebiasaan buruk. Nah, untuk menjaga tubuh tetap ideal, maka kamu harus sering melakukan 5 kebiasaan berikut ini.

1. Memperbaiki pola tidur

Memperbaiki pola tidur dapat menjadi salah satu hal sederhana untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Upayakan untuk selalu tidur dengan durasi 7 hingga 8 jam setiap malamnya. Jika merasa kesulitan, sebisa mungkin untuk mengindari kafein dan melakukan rileksasi sebelum tidur. Dengan jam tidur yang cukup, maka dapat membantu mengontrol nafsu makan.

2. Rutin mengonsumsi sayur

Strategi yang paling efektif selanjutnya adalah dengan selalu menyelipkan sayur di setiap lauk. Disarankan untuk mengonsumsi sayuran yang rendah kalori namun kaya akan serat. Hal ini akan memberikan rasa kenyang yang cukup lama namun tidak menambah kalori.

3. Rutin jalan kaki

Untuk pemula, alangkah baiknya untuk tidak langsung melakukan olahraga yang berat. Kamu bisa memulai dengan berjalan kaki. Berjalan kaki adalah salah satu cara sederhana, namun cukup efektif untuk menjaga berat badan menjadi ideal. Dengan berjalan kaki, metabolisme tubuh akan meningkat serta memperlancar sirkulasi darah.

4. Minum air 2.5 liter per hari

Mungkin kebutuhan kadar air pada setiap orang akan berbeda, tapi jika kamu ingin menjaga berat badanmu, kamu bisa mulai rutin untuk minum air setidaknya 2.5 liter per harinya. Air putih membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan mempercepat proses metabolisme. Hal ini akan membantu membakar kalori lebih efektif dan efisien.

5. Mengunyah makan dengan perlahan

Cara terakhir adalah dengan mengunyah makanan secara perlahan. Hal ini akan membantu mengirim sinyal kenyang ke otak lebih cepat sehingga dapat mengurangi mengonsumsi makanan yang berlebihan.Tidak hanya itu, mengunyah lambat dapat melancarkan pencernaan dengan lebih baik.

Ubah kebiasaan burukmu dengan 5 kebiasaan di atas. Jika kamu masih mengikuti kebiasaan yang buruk, usaha untuk menurunkan berat badan akan tetap sia-sia. Yuk, jadi lebih sehat secara konsisten. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading