Sukses

Health

5 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Fimela.com, Jakarta Kanker merupakan sebuah penyakit sel tubuh melakukan perkembangan tidak terkendali dan menyebar luas ke bagian tubuh lainnya. Kanker dapat berasal dari mana saja didalam tubuh manusia karena tubuh manusia terdiri dari jutaan sel. Secara normal manusia akan berkembang melalui pembelahan sel untuk membentuk sel baru sesuai kebutuhan tubuh. 

Penyakit kanker ini merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat mengancam nyawa apabila telat dideteksi sejak dini, namun penyakit ini dapat dicegah dengan berbagai cara. Dilansir dari mayoclinic.org (27/6) berikut cara mencegah risiko kanker. 

Jangan mengkonsumsi tembakau

Tembakau merupakan salah satu bahan utama dalam rokok, oleh sebab itu hentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang apabila kamu seorang perokok aktif. Tidak hanya rokok, hindari mengunyah atau memakan tembakau untuk mencegah kanker tenggorokan.

Kurangi minuman alkohol

Alkohol dapat meningatkan risiko terkena kanker paru-paru, ginjal, hati, bahkan payudara. Boleh mengkonsumsi alkohol namun konsumsi dalam batas yang wajar. Jika mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak dalam jangka waktu Panjang maka akan meningkat risiko terkena kanker.

Lindungi kulit dari paparan matahari

Hindari terpapar langsung dengan sinar matahari pada jam 10 sampai jam 4 sore karena pada jam ini sinar UV berada di fase tertinggi. Apabila terpaksa beraktivitas maka gunakan topi untuk melindungi wajah dan juga kacamata hitam untuk melindungi mata. Jangan lupa untuk selalu menggunakan krim tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30, oleskan setiap 2 jam. 

Melakukan aktivitas fisik

Lakukan aktivitas fisik setiap hari untuk membantu mengontrol berat badan, memiliki berat badan yang sehat bisa menurunkan risiko terkena kanker seperti kanker payudara, ginjal, paru-paru dan lainnya. Usakahan untuk mendapatkan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang selama 1 minggu. Sertakan minimal 30 menit aktivitas fisik dalam rutinitas sehari-hari. Semakin banyak maka semakin baik.

Perbanyak makan buah dan sayuran

Perbanyaklah memakan buah dan sayuran, makanlah kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan-makanan tersebut memiliki kalori yang rendah dibanding makanan lain. Batasi makan olahan lemak dari hewani dan memakan gula secara berlebih.

Itulah beberapa cara mengurangi risiko kanker. Kesehatan adalah hal yang penting, selalu jaga pola makan dan istirahat agar tubuh selalu mendapat nutrisi dan istirahat yang cukup.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading