Sukses

Health

Atasi Insomnia dengan Teknik Finger Breathing Agar Tidur Nyenyak di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Tidur yang cukup merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan kesejahteraan kita. Saat tidur, tubuh kita memiliki kesempatan untuk memulihkan diri, memperbaiki jaringan yang rusak, mengatur ulang sistem saraf, dan memperbarui energi yang diperlukan untuk berfungsi sepanjang hari.

Namun, apabila kamu mengalami kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas, dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental kita lho, seperti menurunkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko penyakit kronis, menurunkan konsentrasi dan produktivitas, serta memengaruhi suasana hati dan keseimbangan emosional. Oleh karena itu, menjaga kebiasaan tidur yang baik dan memastikan kita mendapatkan tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup kita.

Salah satu cara efektif untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah menerapkan teknik "Finger Breathing". Dilansir dari Mattressonline.co.uk, Finger Breathing merupakan bentuk self-hypnosis yang dapat membantu mengembalikan pikiran menjadi lebih tenang. Teknik ini melibatkan kombinasi sentuhan dan pernapasan terkontrol, dengan cara menekan dan menggerakkan jari-jari tangan secara berurutan sambil fokus pada pernapasan.

Disamping itu, penelitian juga telah menunjukkan bahwa mengendalikan pernapasan dengan efektif tidak hanya membantu tubuh menjadi rileks secara mental, tetapi juga membantu melepaskan hormon melatonin. Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal di otak yang bertanggung jawab untuk mengatur ritme sirkadian tubuh dan mengatur siklus tidur alami.

 

Cara melakukan

Clare Longstaffe, seorang ahli hipnoterapi terkemuka di lembaga amal Cavendish Cancer Care, telah mengembangkan beberapa teknik "Finger Breathing" yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk membantu pasien dan orang-orang terkasih menghadapi dampak kanker. 

Mattress Online melalui kerja samanya dengan Cavendish juga menjelaskan cara menggunakan teknik "Finger Breathing" untuk membawa diri kembali ke dalam keadaan pikiran yang lebih tenang saat waktu tidur tiba. Berikut ini adalah cara melakukan "Finger Breathing".

Langkah 1:

Mulailah dengan berbaring atau duduk dalam posisi yang nyaman. Relaksasikan pernapasan dengan menghirup lebih dalam dan hembuskan nafas secara perlahan.

Langkah 2:

Satukan jari-jari dan ibu jari tangan dalam posisi seperti mencubit yang santai. Gunakan tangan lainnya, cuping dan biarkan ujung jarimu yang menyatu beristirahat dengan longgar di telapak tanganmu. Hitung lima napas rileks sambil tetap menjaga posisi ini.

Langkah 3:

Tukar tangan dan hitung lima napas lagi. 

 

Langkah 4

Selanjutnya, buat simbol jempol ke atas dengan satu tangan dan lilitkan jari-jari tangan yang lain di sekitar ibu jari yang berlawanan. Pegang ibu jarimu dengan longgar sambil menghitung 5 napas rileks. Lalu tukar tangan dan hitung lima napas lagi.

Langkah 5

Ulangi proses ini pada jari-jari lain, misalnya lilitkan jari-jari tangan di sekitar jari telunjuk berlawanan dan tahan selama 5 napas rileks, sebelum berganti tangan dan mengulangi proses ini.

Dengan menggunakan teknik Finger Breathing kamu dapat menjaga keseimbangan emosi, mengurangi kecemasan, dan meraih tidur yang lebih nyenyak. Selain itu, metode ini dapat diterapkan tidak hanya saat hendak tidur, tetapi juga pada saat-saat yang menegangkan di sepanjang hari. Praktikkan teknik pernapasan ini secara teratur untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading