Sukses

Health

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak di Usia yang Tak Lagi Muda

Fimela.com, Jakarta Semakin bertambah usia seseorang, akan ada semakin banyak hal yang dipikirkan. Akan ada semakin banyak informasi dan masalah yang membuatnya rentan stres dan memaksa otaknya berpikir lebih keras. Karena hal itu, tak jarang kinerja otak justru menurun. Daya ingat pun akan semakin buruk dari waktu ke waktu. Kecerdasan yang semasa muda sangat mengesankan, di usia yang tak muda lagi menjadi cukup diragukan. 

Lantas bagaimana cara untuk mempertahankan otak cerdas meski usia tak lagi muda? Apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan, meningkatkan daya ingat dan bikin pikiran lebih bahagia? Dengan motivasi dan keyakinan yang kuat, siapapun bisa meningkatkan kecerdasan otaknya di usianya yang tak lagi muda. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Cara ini sangat sederhana dan bisa dilakukan kapan saja. 

Berkunjung ke Tempat Baru

Salah satu cara untuk merefresh otak adalah dengan berkunjung ke tempat baru. Ini juga sebagai cara termudah untuk meningkatkan kecerdasan otak, menambah wawasan dan menguatkan daya ingat. Tak perlu berkunjung ke tempat jauh, cukup di dekat rumah atau daerah di sekitarmu, terutama untuk daerah yang masih asri dan segar, bisa membantu otak makin cerdas mengesankan. 

Membaca atau Nonton Berita

Jika selama ini kamu tak suka membaca dan nonton berita, cobalah untuk mulai menyukai kedua aktivitas tersebut. Kedua hal ini bisa meningkatkan kecerdasan otak dengan baik, menambah wawasan dan memperkenalkan banyak kosakata baru. Selain membuat daya ingatmu makin kuat, ini memungkinkanmu lebih bijak dalam berbicara dan bercakap-cakap dengan orang lain. 

Menulis

Selain membaca, aktivitas menulis rupanya juga meningkatkan kecerdasan otak. Orang-orang yang memiliki hobi menulis, seiring bertambahnya waktu membuatnya semakin matang dan bijak. Studi menemukan jika menulis membantu menyimpan informasi dan meningkatkan daya ingat yang lebih baik.

Bermain dan Mendengarkan Musik

Bermain dan mendengarkan musik adalah cara efektif selanjutnya untuk meningkatkan kecerdasan otak. Para ahli percaya jika musik bermanfaat optimal dalam memfasilitasi peningkatan dan fungsi otak. Ini juga membantu pikiran serta suasana hati jadi lebih bahagia, tenang serta nyaman. Salah satu kunci otak fokus dan cerdas, adakah kenyamanan hati serta pikiran.

Meditasi

Kapan terakhir kali kamu melakukan meditasi Sahabat Fimela? Meditasi memiliki segudang manfaat mengesankan buat otak dan pikiran. Salah satunya meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan. Cukup meditasi selama 30 menit setiap hari, ini tak hanya bantu otak makin cerdas tapi bantu suasana hati lebih bahagia dan fisik lebih segar. 

Nah, itulah sekian cara mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencobanya. Jadi, tak perlu khawatir mengalami penurunan fungsi otak saat usia terus bertambah ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading