Sukses

Health

5 Bahaya Menahan Kencing yang Ternyata Sering Diremehkan

Fimela.com, Jakarta Menahan kencing adalah kebiasaan yang umum diabaikan oleh banyak orang. Banyak dari kita mungkin merasa malas untuk pergi ke kamar mandi karena takut dingin, atau terlalu sibuk dengan pekerjaan. Tak sedikit dari kita yang menunda-nunda untuk segera buang air kecil meski sudah merasa sangat ingin buang air kecil. 

Penting diketahui, menahan kencing bukanlah hal yang sepele Sahabat Fimela. Ini tak bisa diremehhkan begitu saja. Mengutip dari laman mayoclinic.com, terbiasa menahan kencing bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh. Ini bahkan bisa meningkatkan beragam masalah kesehatan yang mengancam jiwa. Berikut beberapa bahaya dari kebiasaan menahan kencing yang terlalu sering.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Menahan kencing bisa meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih. Ketika kamu menahan kencing, bakteri yang biasanya dibuang dari tubuh melalui urin bisa berkembang biak dalam kandung kemih. Ini kemudian menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan infeksi yang serius.

Kerusakan Ginjal

Menahan kencing secara teratur atau sering bisa berdampak buruk pada ginjal. Ketika ginjal terus-menerus terpapar tekanan dari urin yang tertahan, ini akan merusak struktur dan fungsi ginjal. Hal ini akan menyebabkan masalah ginjal jangka panjang yang serius. Termasuk gagal ginjal yang berpengaruh pada fungsi organ tubuh secara keseluruhan.

Inkontinensia Urin

Ironisnya, menahan kencing bisa menyebabkan masalah inkontinensia urin di kemudian hari. Kandung kemih yang terbiasa ditahan dapat kehilangan elastisitasnya. Sehingga sangat memungkinkan kamu mengalami kesulitan mengontrol kencing di waktu yang tidak diinginkan.

Ketidaknyamanan dan Nyeri

Menahan kencing juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan nyeri pada kandung kemih dan alat kelamin. Nyeri akan terasa saat akhirnya kamu pergi ke toilet. Kandung kemih yang penuh bisa menimbulkan tekanan yang tidak perlu pada organ-organ sekitarnya.

Kerusakan Otot Pelvic Floor

Menahan kencing bisa merusak otot-otot pelvic floor yang mendukung kandung kemih. Ini bisa mengakibatkan masalah seperti prolaps organ panggul. Di mana hal ini dapat sangat mengganggu dan memerlukan perawatan medis.

Menahan kencing bukanlah kebiasaan yang aman atau sepele. Ini memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan. Jadi, sangat penting untuk mendengarkan sinyal tubuh dan pergi ke toilet sesegera mungkin ketika kamu merasa ingin buang air kecil atau air besar. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita lebih bijak lagi dalam merawat kesehatan diri. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading