Sukses

Health

Berbagi Tips Seputar Persiapkan Diri Sebelum Mengikuti dan Selama Marathon

Fimela.com, Jakarta Marathon kini menjadi kegiatan yang sering dilakukan. Kegiatan ini pun menjadi tren yang sehat, banyak orang menjadikan lari sebagai olahraga yang menyenangkan dan bergengsi. Salah satu kegiatan marathon yang akan digelar yaitu Hibank Jakarta Marathon powered by Le Minerale (Jakarta Marathon 2023) yang diselenggarakan oleh Kelompok Lari Anak Bangsa (KLAB) sebagai penyelenggara baru siap digelar pada Minggu, 22 Oktober 2023. 

Hampir 10.000 pelari dari seluruh pelosok Indonesia, yang terbagi menjadi empat kategori, yaitu Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,0975 km), 10 km, dan 5 km hingga Maratoonz (100, 200 dan 400 meter untuk anak-anak) dapat mengambil race pack mereka di Gelora Bung Karno, Plaza Timur. 

Donny Tjahyadikarta, Race Director Jakarta Marathon 2023, mengatakan kesiapan penyelenggaraan sudah 95%. Hanya tinggal instalasi logistik dan penempatan fasilitas-fasilitas sepanjang rute lomba yang baru dapat dilakukan 24 jam sebelum lomba dimulai. Lalu apa saja tips agar kamu yang akan marathon kuat hingga race terakhir? Simak tipsnya di bawah ini.

Persiapan Sebelum Mengikuti Marathon

Setelah beberapa bulan persiapan, berikut adalah tips-tips yang dapat pelari pertimbangkan tiga hari sebelum mengikuti marathon:

Kurangi Intensitas dan Volume Latihan

Dalam tiga hari terakhir sebelum marathon, fokuslah pada istirahat dan pemulihan. Latihan yang ringan seperti jogging santai dapat dilakukan, namun hindari latihan intens. Jika memungkinkan, lakukan beberapa sesi latihan ringan tersebut pada waktu yang mirip dengan waktu lomba, untuk beradaptasi dengan kondisi suhu yang sama (untuk aklimatisasi).

Penuhi Nutrisi

Pertahankan pola makan seimbang dengan fokus pada karbohidrat, tetapi juga termasuk protein dan lemak sehat dalam diet. Pastikan cadangan glikogen penuh.Hindari makanan berat dan pedas sehari sebelum lomba.

Cek Peralatan sebelum Marathon

Cek dan siapkan semua peralatan yang dibutuhkan, termasuk sepatu lari, pakaian, nomor dada (bila sudah diterima), serta aksesoris lain, seperti topi, kaca mata. Hal ini akan membantumu selama marathon.

Persiapan Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi Selama Marathon

Hal yang sangat penting untuk persiapan marathon adalah tubuh tetap terhidrasi. Hal ini penting karena akan membantumu untuk menyelesaikan marathon. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan?

Pertama, sebelum memulai lari, pastikan mengonsumsi sekitar 250-300-an mililiter air, kira-kira setara dengan satu gelas. Ini akan mempersiapkan tubuhmu dengan cukup cairan sebelum menghadapi tantangan fisik. 

Kemudian, saat berlari, penting untuk tetap menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kamu tidak perlu minum dalam jumlah banyak sekaligus, cukup minum sedikit-sedikit setiap 15-20 menit. 

Barulah setelah menyelesaikan lomba lari, segera konsumsi cukup banyak air mineral. Disarankan untuk minum minimal 600ml setelah lomba. Namun tentunya jumlah ini tidak berlaku mutlak, kemungkinan akan berbeda-beda tiap individu. 

Intinya, yang perlu diingat adalah jangan menunggu sampai merasa haus untuk minum. Tetap terhidrasi adalah kunci kesuksesan dalam lari jarak jauh. Semoga berhasil sampai finish ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading