Sukses

Health

Kenali Jenis dan 7 Penyebab Seringnya Mimisan yang Perlu Kamu Waspadai

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami mimisan? Darah yang keluar dari hidung dan terdapat cairan yang mengalir pada tenggorokan. Mimisan kerap terjadi pada sebagian orang dan hal ini terkadang kerap membuat kita ketakutan.

Hidung mengandung banyak pembuluh darah yang terletak dekat dengan permukaan di bagian depan dan belakang hidung. Hal inilah yang terkadang membuat rampuh dan mudah berdarah. Mimisan juga kerap terjadi pada anak usia 3 hingga 10 tahun.

Tapi pernahkah kamu mengetahui penyebab mimisan? Jika belum dibawah ini adalah beberapa penyebab mimisan dan penjelasannya yang sering terjadi:

1. Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi saluran pernapasan dapat menimbulkan gejala batuk, pilek, disertai demam. Pilek juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya mimisan.

2. Iklim Kering

Ternyata iklim kering dapat menjadi salah satu penyebab mimisan, udara kering dan panas akan membuat bagian hidung kamu mengering.

3. Cedera

Selanjutnya cedera juga dapat membuat mimisan lho. Ceder pada hidung atau benda asing yang masuk dalam hidung dapat menjadi penyebabnya.

4. Alergi

Alergi yang dimaksud adalah yang dapat membuat hidung terasa kering, seperti antihistamin dan dekongestan.

5. Seprotan Hidung

Semprotam hidung sebagai alat kesehatan untuk mengobati pilek dan bersin-bersin yang dapat menyebabkan gejala penyakit tertentu. Namun ternyata semprotan hidung akan membuat gejala ternjadinya mimisan lho. Ada baiknya jika kamu menggunakan semprotan sesuai dengan anjuran dokter.

6. Bahan Kimia

Bahan kimia yang dimaksud disini yaitu yang dapat mengiritasi saluran udara, seperti ammonia. Bahan kimia satu ini cukup memiliki reaksi lebih dalam jangka panjang untuk kesehatan tubuh.

7. Benda Asing

Memiliki lubang yang kecil juga dapat membuat benda asing dapat tersangkut dalam hidung lho. Sebaiknya ketika kamu mandi sering membersihkan bagian hidung dan membuang kotoran.

Jenis Mimisan

Mimisan berasal dari bagian depan hidung (anterior) atau bagian belakang (posterior), berikut penjelasannya :

  • Mimisan depan Hidung (anterior)

Dinding yang memisahkan lubang hidung biasanya disebut septum. Hal ini memiliki banyak pembuluh darah yang dapat pecah karena pukulah di wajah atau bahkan goresan kuku. Kebanyakan mimisan akan dimulai pada bagian bawah septum yang dekat dengan lubang hidung.

  • Mimisan  bagian belakang (posterior)

Mimisan ini yang jarang terjadi pada beberapa orang, hal ini akan terjadi pada bagian belakang hidung. Mimisan posterior mungkin juga dapat terjadi pada orangtua dan beberapa orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau mengalami cidera wajah.

Nah itulah beberapa penyebab terjadinya mimisan yang sering terjadi. Namun ada baiknya kamu selalu membersihkan kotoran hidung saat mandi agar benda asing yang masuk tidak membuat kamu mimisan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading