Sukses

Health

Kenali Gejala dan Penyebab Osteoporosis yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Osteoporosis adalah penyakit tulang yang bisa menyebabkan tulang keropos. Penyakit ini biasanya menyerang perempuan yang sudah menopause atau lanjut usia. Orang yang memiliki usia lanjut, lebih sering terkena osteoporosis, daripada orang yang masih usia muda karena kepadatan tulangnya menurun.

 

Menurut WHO, osteoporosis adalah penyakit yang memiliki sifat massa tulang rendah. Osteoporosis memiliki gejala perubahan mikro-arsitektur tulang, dan penurunan kualitas jaringan tulang. Kondisi ini berisiko menyebabkan patah tulang pada orang lanjut usia.

Osteoporosis dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, termasuk faktor gaya hidup yang kurang sehat. Berikut penyebab osteoporosis dan gejalanya, yang dilansir dari Liputan6.com:

Gejala Osteoporosis

Menurut WHO, ada lebih dari 500.000 kasus patah tulang pada tulang belakang yang disebabkan osteoporosis. Kemudian ada kasus dengan total lebih dari 200.000 yang terjadi pada pergelangan tangan, dan ada lebih dari 300.000 kasus pada tulang panggul.

Osteoporosis terjadi karena ketidakseimbangannya peran sel osteoblast dan osteoklas. Sel osteoklas berfungsi untuk meresorpsi tulang lebih aktif. Sel osteoblast ini memiliki fungsi untuk pertumbuhan tulang.

Gejala osteoporosis ditandai dengan nyeri pada tulang belakang, postur tubuh yang semakin membungkuk, ukuran tubuh semakin pendek dan terjadi patah tulang yang disebabkan karena cedera ringan.

Penyebab Osteoporosis

1. Olahraga Terlalu Sering

Penyebab osteoporosis yang pertama adalah terlalu sering olahraga. Walaupun olahraga bisa membantu pembentukan tulang dan pembentuk massa otot yang baik. Namun melakukan olahraga secara berlebihan, bisa mengurangi ketebalan pada tulang dan jadi penyebab osteoporosis.

2. Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol juga bisa menyebabkan osteoporosis atau pengeroposan tulang. Rokok dan alkohol memiliki kandungan berbahaya dan mengandung racun. Untuk itu hindarilah merokok dan mengonsumsi alkohol, karena juga tidak baik untuk kesehatan tubuh dan menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.

3. Terlalu Lama Bed Rest

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang bed rest, atau terpaksa harus berbaring di kasur terus menerus. Kondisi ini disebabkan karena seseorang memiliki komplikasi penyakit tertentu. Jika tubuh tidak digerakkan, kekuatan tulang akan berkurang dan menyebabkan osteoporosis hingga kelumpuhan.

4. Kurang Gizi

Osteoporosis bisa disebabkan karena kekurangan gizi. Tulang yang kuat memerlukan kalsium dan vitamin D. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D, agar terhindar dari osteoporosis.

5. Faktor Usia

Penyebab osteoporosis yang terakhir adalah faktor usia. Semakin bertambahnya usia, maka kepadatan tulang akan semakin berkurang. Sehingga seseorang yang lanjut usia butuh asupan kalsium yang lebih banyak daripada usia muda.

Cara Mencegah Osteoporosis

Cara mencegah osteoporosis dapat dilakukan sejak dini. Caranya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium dan vitamin D. Kandungan tersebut bisa membantu menjaga kepadatan tulang dan membuat tulang lebih kuat.

Jangan lupa lakukan olahraga secara teratur selama 20 hingga 30 menit, dengan intensitas sedang, seperti lari, jalan kaki, bersepeda, yoga dan senam. Berhati-hatilah saat berolahraga, agar terhindar dari cidera tulang yang menyebabkan osteoporosis.

 

Kamu juga bisa rutin melakukan pemeriksaan kepadatan tulang, dan lakukan konsultasi dengan dokter mengenai kesehatan tulang. Sempatkanlah waktumu dipagi hari sekitar 30 menit untuk berjemur di bawah sinar matahari, karena vitamin D dari sinar matahari bisa membantu menguatkan tulang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading