Sukses

Health

5 Tips Menjalani Diet secara Konsisten untuk Mencapai Target

Fimela.com, Jakarta Melakukan diet bukanlah hal yang dapat dilakukan dengan mudah. Pasalnya, selalu muncul banyaknya godaan yang bisa memengaruhi pendirian seseorang. Entah dari diri sendiri atau karena adanya pengaruh dari orang lain, keinginan untuk diet bisa terhambat. Padahal, kunci utama dari keberhasilan diet yaitu dengan konsisten dalam menjaga pola makan dan menerapkan kebiasaan yang sehat. 

Diet sehat membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dibutuhkan adanya kesabaran supaya dapat menurunkan berat badan sesuai target yang ditentukan. Menjalani diet secara konsisten harus dimulai dari niat diri sendiri. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut tips-tips yang bisa diterapkan untuk Sahabat Fimela agar program diet sehat dapat berjalan dengan konsisten:

 

1. Pastikan pada Diri Sendiri bahwa Telah Siap untuk Menjalani Diet

Saat melakukan diet, kamu perlu untuk mempertimbangkan dan memastikan bahwa kamu telah siap untuk menjalaninya. Pasalnya, melakukan diet akan membutuhkan waktu, usaha, dan komitmen dalam waktu yang lama. Seperti dengan mempertimbangkan apakah kamu bersedia mengubah kebiasaan makan atau memiliki motivasi tinggi untuk menurunkan berat badan. 

2. Carilah Motivasi dalam Diri Sendiri

Perubahan pola makan dan berolahraga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan kesenangan pada diri sendiri. Itulah sebabnya, kamu harus menemukan alasan untuk bisa tetap semangat dan berpegang teguh pada pendirianmu untuk tetap menjalani diet hingga mencapai target.

Cara simpelnya, kamu bisa menentukan sendiri alasan atau motivasi untuk melakukan diet supaya kamu tetap fokus. Selain itu, temukan seseorang yang bisa mendukung dengan cara yang positif. Dengan meluangkan waktu untuk berolahraga atau membuat makanan sehat bersama, kamu bisa mulai membiasakan gaya hidup yang lebih sehat.

 

 

3. Tentukan Target yang Jelas dan Realistis

Target bisa ditentukan dalam jangka waktu pendek atau panjang. Saat menetapkan target, pikirkan proses dan juga hasilnya. Misalnya dengan membuat target yang berupa proses, seperti berjalan kaki setiap hari selama 30 menit. Kemudian, tentukan target yang memiliki tujuan hasil, ingin menurunkan berat badan 5 kg.

Akan lebih baik jika terus berfokus pada tujuan yang berdasarkan pada prosesnya. Hal ini bisa mempertahankanmu untuk mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat. Mengubah kebiasaan adalah aspek penting untuk menurunkan berat badan. 

4. Tetapkan Makanan Nikmat yang Lebih Sehat

Menjalani diet akan selalu berhubungan dengan merencanakan pola makan yang sehat dan tetap bernutrisi bagi tubuh. Melakukan diet memang harus menurunkan total asupan kalori, tetapi tidak berarti bahwa kamu harus mengorbankan rasa atau kepuasan dalam makanan. 

Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian sudah menjadi makanan wajib untuk mengurangi asupan kalori. Namun, kamu tetap bisa berusaha untuk mencari variasi makanan agar bisa mencapai targetmu sendiri, tanpa harus mengorbankan pada rasa atau nurisi. Mengurangi gula, mengonsumsi lemak sehat dalam jumlah yang tidak berlebihan, dan memilih produk susu rendah lemak bisa menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan melalui makanan yang nikmat. 

5. Tetap Bergerak secara Aktif

Tak hanya melalui pembatasan kalori, menurunkan berat badan perlu diimbangi dengan aktivitas fisik seperti olahraga. Buatlah tubuh agar tetap bergerak secara aktif. Olahraga bisa membantu untuk membakar kelebihan kalori sehingga bisa mendukung program diet agar berjalan secara maksimal. Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat mempertahankan agar diet dapat berjalan dengan konsisten dalam jangka panjang. 

Diketahui dari Mayo Clinic, melakukan olahraga seperti aerobik bisa menghilangkan lemak. Terapkan kebiasaan berolahraga yang sederhana, dimulai dari berlari atau berjalan cepat. Olahraga tersebut tetap dapat membakar kalori dan membuat tubuh bergerak secara aktif. 

Tips-tips tersebut semoga dapat membuat Sahabat Fimela menjalani diet tanpa menunda-nunda lagi. Tujuan tersebut dapat tercapai apabila kamu tetap bersabar dengan prosesnya. Tetap semangat dan percaya pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading