Sukses

Health

5 Alasan Seseorang Mudah Mengantuk Setelah Makan

Fimela.com, Jakarta Merasa mengantuk adalah hal yang umum dan wajar dialami oleh siapapun. Kurang tidur bisa menjadi alasan utama kenapa seseorang mudah mengantuk. Tapi, pernahkah kamu merasa mengantuk sesaat setelah makan Sahabat Fimela? Kira-kira kenapa hal ini bisa terjadi? Adakah yang salah dengan kesehatan tubuh, atau jangan-jangan sinyal tertentu yang penting buat diwaspadai? 

Ada beberapa kemungkinan kenapa seseorang mudah mengantuk setelah makan. Adapun kemungkinan atau alasan tersebut antaranya adalah sebagai berikut:

Penurunan Gula Darah

Konsumsi makanan tinggi gula sederhana atau karbohidrat yang cepat dicerna, bisa menyebabkan peningkatan gula darah yang diikuti oleh penurunannya secara tajam. Ini bisa menyebabkan rasa kantuk berlebih setelah makan. Jadi penting untuk pandai-pandai memilih makanan yang hendak dikonsumsi agar tidak terjadi penurunan gula darah secara tajam dan risiko mengantuk setelah makan tercegah. 

Efek Pencernaan

Setelah makan khususnya sarapan, tubuh memusatkan energi pada pencernaan makanan yang baru saja dikonsumsi. Proses ini bisa mengalihkan energi dari otak dan menyebabkan rasa kantuk. Ini adalah kondisi yang wajar dan risiko mengantuk yang terjadi bisa secara perlahan berkurang seiring berjalannya waktu.

Reaksi terhadap Makanan Tertentu

Beberapa orang mungkin memiliki reaksi terhadap makanan tertentu yang mereka konsumsi. Seperti reaksi terhadap gluten atau intoleransi laktosa. Reaksi ini bisa menyebabkan kantuk atau kelelahan setelah makan. Sangat penting bagi siapapun untuk lebih bijaksana dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi apalagu jika ia memiliki reaksi tertentu terhadap beberapa jenis makanan.

Kurangnya Protein dalam Menu Makan

Konsumsi makanan yang rendah protein bisa menyebabkan peningkatan kadar insulin dan penurunan kadar gula darah. Ini kemungkinan besar berkontribusi pada rasa kantuk berlebih. Usahakan untuk senantiasa mengonsumsi aneka makanan tinggi protein yang rendah lemak saat makan baik di waktu sarapan, makan siang pun makan malam. Protein memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Faktor Lingkungan atau Kebiasaan Tidur

Lingkungan yang nyaman atau kebiasaan tidur yang buruk bisa menyebabkan seseorang merasa mengantuk setelah makan. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang mengandung banyak gula, karbohidrat dan segala sesuatu yang meningkatkan risiko mengantuk. 

Itulah sekian alasan kenapa seseorang mudah mengantuk setelah makan. Semoga informasi ini bermanfaat. Agar kita tidak mudah mengantuk, penting untuk memiliki pola hidup yang lebih sehat, memiliki tidur cukup setiap harinya dan kelola stres dengan baik. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading