Sukses

Health

5 Manfaat Berjalan Kaki di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Siapa yang masih suka mager untuk berolahraga? Wah, memang kebiasaan untuk malas bergerak ini sering kali menyerang diri sendiri. Belum lagi dengan kesibukan yang terus menerus menyita waktu tanpa henti. Padahal, ada salah satu olahraga yang bisa membakar kalori tanpa harus mengeluarkan biaya, lho. Sahabat Fimela bisa menyisihkan sedikit waktu untuk berjalan kaki di pagi hari. 

Mau berjalan kaki atau berlari, cukup dengan memanfaatkan 20-30 menit setiap hari, kamu tetap bisa menemukan manfaat dari aktivitas fisik ini untuk kesehatan. Selain mudah dilakukan, berjalan kaki juga bisa dilakukan siapa saja. Bahkan, untuk orang yang sudah lama tidak berolahraga. 

Melansir WebMD, berjalan kaki bisa melepaskan beberapa hormon sehingga meningkatkan kesehatan mental dan emosional, contohnya seperti hormon dopamin untuk mengurangi stres dan serotonin untuk membantu meningkatkan suasana hati. Selain manfaat ini, kira-kira apa saja ya manfaat yang bisa didapatkan dengan berjalan kaki tiap pagi? Mengacu pada beberapa sumber, simak jawabannya di bawah ini: 

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Berjalan kaki secara rutin ternyata bisa berpengaruh positif untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Dikutip dari Very Well Fit, berjalan kaki bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, dan menurunkan risiko penyakit jantung secara menyeluruh. Lebih lanjut,diketahui dari The New England Journal of Medicine, berjalan kaki dengan teratur ini bisa mengurangi risiko untuk terkena serangan jantung atau stroke. 

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Jalan kaki bisa membantu dalam membakar banyak kalori sehingga lemak yang tersimpan dalam tubuh ikut berkurang. Bagi penderita diabetes, aktivitas ini cocok untuk dilakukan karena bisa membantu dalam menstabilkan kadar gula darah.

Jalan kaki pada pagi hari bisa mengendalikan fungsi insulin dari dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk penyerapan glukosa dalam pembuluh darah. Melakukan rutinitas ini bisa mengurangi resistensi insulin yang berpengaruh pada pengidap diabetes. 

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah dan aliran oksigen dalam tubuh, berjalan kaki juga punya fungsi lain yang tak kalah penting. Berjalan kaki juga dapat meningkatkan kemampuan otak dan kesehatan mental seseorang. Berjalan dengan menikmati alam bebas pastinya bisa menjadi pilihan aktivitas yang tak hanya memberi energi, tetapi juga efek relaksasi. 

Maka dari itu, pikiran yang terasa lebih tenang ini bisa meningkatkan daya konsentrasi agar memiliki pandangan yang positif terhadap segala sesuatu. Jadi, bukan hanya untuk kesehatan fisik saja, olahraga ini melainkan juga dapat tingkatkan kesehatan kognitif. 

4. Memberikan Dampak Positif untuk Otot, Sendi, dan Tulang

Menguatkan otot, sendi, hingga tulang bisa kamu wujudkan melalui berjalan kaki setiap pagi. Dengan membuat tubuh bergerak, maka kamu dapat terhindar dari masalah persendian seperti kaku dan nyeri sendi. Berjalan kaki juga dapat menghindari terjadinya pengeroposan tulang seiring dengan berjalannya usia. 

Apalagi, olahraga ini sangat ideal bagi pemula yang ingin membiasakan diri untuk rutin berolahraga. Jika ingin membangun kekuatan dan kebugaran secara alami, cobalah untuk berjalan kaki di pagi hari. 

 

5. Membantu agar Tidur Lebih Nyenyak

Bila mengalami masalah untuk tidur dengan cepat dan rasa cemas berlebihan, maka lakukan jalan kaki di pagi hari untuk mengurangi masalah tersebut. Hal ini disebabkan karena berjalan kaki bisa membuat tubuh tetap aktif hingga merasa lelah. Hasilnya, kamu pun akan lebih mudah untuk tertidur lelap di malam hari. Tak hanya meningkatkan kualitas tidur, tetapi juga berpengaruh pada siklus tidur yang lebih baik. 

Manfaat di atas bisa diperoleh apabila kamu lakukan secara konsisten. Dengan aktivitas sederhana ini, kamu bisa melepas stres hingga cegah risiko penyakit lainnya. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading